Siapkan Generasi Masa Depan, Guru PAUD Tanah Datar Ikuti Workshop

Tanah Datar - Guna meningkatkan kreativitas para guru PAUD, Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi), menggelar Workshop Guru Kreatif dengan tema "Kemerdekaan Belajar Mewujudkan Anak Sehat, Cerdas Berintegritas Melalui Peran Bunda PAUD, Guru dan Orang Tua" di Gedung Nasional Maharajo Dirajo, Minggu (23/2).

Kegiatan workshop ini dibuka langsung oleh Bupati Tanah Datar yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Suhermen.

Workshop ini diikuti seluruh guru-guru PAUD yang ada di Kabupaten Tanah Datar, Laskar Himpaudi dan Pengurus Cabang PAUD se-Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat.

Hadir pada acara tersebut Anggota DPRD Kabupaten Tanah Datar, Ketua Umum PP Himpaudi Netti Herawati bersama tim, ketua PW Himpaudi Provinsi Sumatera Barat, ketua Badan Akreditasi Provinsi Sumatera Barat, kepala OPD, Ketua DW Persatuan Rina Irwandi, Bundo Kanduang, Bunda Paud Kecamatan dan Kaprodi Paud IAIN Batusangkar.

Bunda PAUD sekaligus Ketua PD Himpaudi Tanah Datar Emi Irdinansyah menyampaikan bahwa pelaksanaan workshop ini sebelumnya telah diawali dengan penelitian yang dilakukan tim PP Himpaudi yang didampingi langsung oleh tim PD Himpaudi Kabupaten Tanah Datar.

"Mengutip kata-kata dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, bangsa yang maju adalah bangsa yang memberikan perhatian yang cukup untuk pengembangan kualitas manusianya," kata Emi.

Ditambahkannya, program PAUD sebagai bagian dari pembangunan di bidang pendidikan adalah agenda besar dalam konstruksi pembangunan bangsa untuk mempersiapkan kualitas manusia yang memiliki kemampuan berfikir kritis, menghadirkan pemikiran akan pentingnya pendidikan anak bangsa sejak dini.

Emi menambahkan Himpaudi Tanah Datar dengan dinas terkait terus berusaha meningkatkan kualitas manusia sejak usia dini.

"Saat ini terdapat 188 lembaga PAUD non formal yang ada di Kabupaten Tanah Datar yang tersebar di 14 kecamatan dengan 429 orang tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang tergabung dalam Himpaudi. Tentu saja untuk meningkatkan kualitas manusia harus dimulai dulu dengan meningkatkan kualitas gurunya, bukan saja guru yang ada di PAUD, tetapi juga di rumah dan di lingkungan, yaitu orang tua dan masyarakat. Hal ini sangat sesuai dengan tema workshop hari ini," jelasnya.

Pada kesempatan itu, Emi juga mengucapkan terima kasih kepada PP Himpaudi yang telah memilih Kabupaten Tanah Datar sebagai tempat untuk melakukan riset "Merdeka Belajar".

Pergerakan Himpaudi di Kabupaten Tanah Datar, menurut Emi Irdinansyah, mulai terasa geliatnya sejak tahun 2017.

"Sejak kepengurusan yang baru menunjukkan perubahan yang jauh lebih baik dalam upaya peningkatan wawasan pendidik dan tenaga kependidikan. Usaha-usaha ini dilakukan bersama dengan pemerintah daerah melalui berbagai bentuk pelaksanaan peningkatan mutu kualitas dan profesional pendidik. Layanan-layanan PAUD terus dikembangkan melalui sosialisasi PAUD non formal yang mendapat legalitas dari pemerintah Kabupaten Tanah Datar," ujarnya.

Sementara Ketua Umum PP Himpaudi Netti Herawati menyampaikan bahwa workshop ini akan dibagi dalam 8 kelompok, dan nantinya akan diberikan tugas-tugas mandiri.

"Setelah datang dan melihat langsung ke beberapa sekolah PAUD di Kabupaten Tanah Datar saya menyimpulkan bahwa para guru PAUD setempat sangat luar biasa dan anak-anaknya juga sangat pintar sehingga dirinya yakin ika Tanah Datar bisa dijadikan kampung percontohan di Indonesia," ujarnya.

Sementara itu, Bupati Tanah Datar yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Suhermen menyambut baik terpilihnya Kabupaten Tanah Datar sebagai pelaksanaan workshop dan penelitian tentang PAUD.

Lebih lanjut dikatakannya bahwa Tanah Datar sebagai merupakan asal dan pusat dari kebudayaan Minangkabau memprioritaskan pembangunan sumber daya manusia mulai dari usia dini dengan menganut filosofi ABS-SBK.

"Pendidikan di awal masa pertumbuhan anak sangat penting, karena pada usia dini otak berkembang sangat cepat dan dapat menerima serta menyerap segala sesuatu yang dilihat dan didengar," terangnya.

Suhermen juga mengajak seluruh OPD dan komponen masyarakat khususnya Himpaudi untuk berjalan beriringan serta saling bergandengan tangan dalam menyiapkan generasi emas Kabupaten Tanah Datar untuk masa depan yang lebih sejahtera.