Hari Kartini, TP PKK, DWP, dan GOW Aceh Tengah Bagikan Takjil Gratis

Takengon – Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK), Dharma Wanita Persatuan (DWP) dan Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Aceh Tengah melaksanakan kegiatan sosial berupa pembagian takjil dan masker.

Kegiatan sosial dalam rangka memperingati Hari Kartini tahun 2021 dan sekaligus mensosialisasikan protokol kesehatan (prokes) pencegahan COVID-19 itu, dilaksanakan pada Rabu (21/4), di beberapa titik seputaran Kota Takengon dengan total takjil yang dibagikan mencapai 3.000 paket.

Ketua TP-PKK Aceh Tengah Puan Ratna yang memimpin langsung pembagian takjil dan didampingi Ketua DWP Ummu Hanik dan Ketua GOW Arini. P mengawali kegiatan penyerahan 400 paket takjil gartis ini di komplek RSUD Datu Beru Takengon yang diperuntukkan bagi para tenaga kesehatan, sopir ambulans dan keluarga pasien yang sedang berjaga di rumah sakit.

"Kita pilih RSUD Datu Beru ini sebagai salah satu lokasi pembagian takjil, sebagai bentuk apresiasi dan kepedulian kami kami kepada para petugas kesehatan, perawat, supir ambulan dan pendamping pasien," ungkap Puan Ratna.

Terkait sosialisasi prokes, Puan Ratna menilai bahwa di Aceh Tengah sudah banyak masyarakat yang mengabaikannya sedangkan kasus COVID-19 semakin meningkat, oleh karena itu dibagikan masker sebanyak 600 pcs.

"Belakangan ini kami mensinyalir banyak anggota masyarakat yang mulai mengabaikan protokol kesehatan, padahal kasus terkonfirmasi Covid-19masih terus terjadi, untuk itu kami juga berinisiatif untuk mensosialisasikan Prokes 3M sekaligus juga membagikan masker," lanjutnya.

Usai menyambangi RSUD Datu Beru, rombongan bergerak menuju Yayasan Maqamam Mahmuda di Kampung Buntul Gelengang Kemili, Kecamatan Bebesen dengan menyerahkan takjil sebanyak 380 kotak. Berikutnya rombongan menuju Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Takengon dan menyerahkan 352 kotak takjil, serta dilanjutkan dengan di Pasar Paya Ilang Takengon.

Selain menyerahkan takjil dan masker di lokasi-lokasi tersebut, gabungan organisasi perempuan di Aceh Tengah juga mendistribusikan takjil gratis ini ke beberapa titik lokasi lainnya, seperti Panti Jompo Bebesen 20 kotak, Panti Asuhan Budi Luhur 30 kotak, Yayasan Kasih Sayang 30 kotak, Yayasan Kasih Ibu Paya Tumpi 30 kotak, Panti Asuhan Muhammadiyah Kebayakan 30 kotak, Panti Asuhan Noordeen Dedalu 30 kotak, Yayasan Al-Ghuroba Belang Gele 100 kotak, SDIT An-Najah Umang 100 kotak dan SDLB sebanyak 20 kotak.

Sementara pembagian takjil untuk jamaah masjid, dialokasikan pada empat masjid yang berada dalam tiga kecamatan yaitu di Kecamatan Bebesen 100 kotak, Kebayakan 100 kotak, Lut Tawar 100 kotak dan ditambah Masjid Raya Agung Ruhama Takengon 100 kotak.

Disamping itu, dibantu oleh para relawan perempuan, juga dilakukan pembagian takjil dan masker dibagikan secara langsung kepada para pengguna jalan di berbagai titik lokasi seperti jalan Pasar Paya Ilang, Pasar Bawah, depan Kantor Bupati, depan Kantor Damkar , Simpang Uning dan Simpang Rumah Sakit. Untuk pembagian takjil kepada pengguna jalan ini, takjil yang bagikan kurang lebih 100 kotak pada masing- masing.