Bupati Tanah Datar: Siapkan Generasi Muda Songsong Indonesia Emas 2045

Batusangkar - Bupati Tanah Datar Eka Putra mengatakan, persaingan dan kompetisi global di masa datang akan semakin berat, dan untuk memenangkannya dibutuhkan kompetensi yang kuat.

“Generasi muda Tanah Datar harus memiliki iman dan takwa yang kuat serta akhlak yang mulia serta didukung kompetensi yang mumpuni untuk menatap masa depan yang lebih baik,” sampai Bupati Eka Putra saat memimpin Tim Safari Ramadhan Khusus sekaligus Subuh Berjamaah ke Masjid Babussalam Tabek Boto Nagari Baringin Kecamatan Lima  Kaum, Jumat (23/4).

Bupati Eka mengatakan, memasuki 100 tahun Indonesia Merdeka pada tahun 2045 atau Indonesia Emas 2045, kalau generasi muda dibekali dengan pondasi yang kuat maka Tanah Datar akan bisa menjadi kabupaten yang maju dan sejahtera.

“Pemerintah daerah komit dengan program tahfiz, bertujuan untuk membentuk karakter generasi yang agamis, tidak mudah terjerumus kepada perbuatan yang tidak baik,” ucap bupati.

Bupati mengilustrasikan, anak-anak yang akhlak baik maka hp pintar digunakan untuk hal-hal positif, tidak tergoda mengakses situs-situs tidak senonoh yang sangat mudah ditemukan.

Untuk itu, bupati mengajak masyarakat menjadikan Tanah Datar sebagai kabupaten tahfiz, satu rumah minimal satu hafiz atau hafizah.

“Tiba masanya nanti, di Tanah Datar tidak hanya imam shalat saja yang hafiz tetapi makmumnya juga semuanya para hafiz,” sebut bupati.

Bupati juga mengharapkan masjid atau surau selalu ramai tidak hanya di bulan Ramadhan.

“Mari ramaikan masjid dan surau dengan shalat berjamaah dan kegiatan lainnya. Insya Allah ini yang akan menghindarkan Tanah Datar dari bencana dan marabahaya lainnya,” ajaknya.

Sementara itu, Ketua Pengurus Masjid Munasri menyampaikan terima kasih atas kunjungan tim Safari Ramadhan beserta bupati.

“Alhamdulillah, sesuai harapan masyarakat, surau Babussalam sudah naik status menjadi masjid semenjak 20 Maret 2021 silam, tinggal lagi secara bertahap menyiapkan program, salah satunya pembangunan tempat berwudhu dan sarana parkir,” urainya.

Ia juga menyebutkan, di masjid ada kegiatan rumah tahfiz, TPA/TPSA, remaja masjid dan majelis taklim untuk masyarakat yang cukup banyak, tercatat 370 KK warga Jorong Baringin.

Di kesempatan itu Buoati Eka menyerahkan bantuan senilai Rp10 juta dan paket tafsir Qur’an.

Tergabung dalam tim Safari Ramadhan, Plt Direktur RSUD MA Hanafiah Batusangkar Nurman dan Kabag Kesra Afrizon, serta turut hadir Camat V Kaum Hendra Setyawan dan Walinagari Baringin Irman Idrus.