Gelar Rapat Agenda Riset Daerah, Plt Bupati Muara Enim Minta OPD Berinovasi

Muara Enim - Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Muara Enim Juarsah didampingi Sekretaris Daerah Muara Enim Hasanudin memimpin rapat Agenda Riset Daerah (ARD) Kabupaten Muara Enim tahun 2020-2024 di Ruang Rapat Serasan Sekundang, Selasa (25/02)

Dalam sambutannya, Plt Bupati Juarsah menyambut baik adanya riset daerah yang dikaji bersama Dewan Riset Daerah (DRD) dan Pemkab Muara Enim.

"Apa yang dipaparkan DRD demi kemajuan riset di Kabupaten Muara Enim dan juga bisa memberikan jalan keluar untuk kemajuan daerah," ujar Juarsah.

Juarsah tidak lupa mengingatkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Muara Enim untuk terus berinovasi dengan melakukan riset dan hasilnya bisa langsung diaplikasikan secara teknis. 

"Kajian dari riset penting, sebab bisa djadikan acuan teknis di OPD masing-masing. Oleh karena itu OPD diminta terus fokus dengan harapan bisa dapat menghasilkan inovasi yang banyak sehingga visi dan misi Kabupaten Muara Enim Kabupaten #MERAKYAT, Muara Enim yang Sehat, Agamis, Berdaya Saing, Mandiri dan Sejahtera, bisa terwujud," ujarnya.

Sementara itu, Ketua DRD Muara Enim Muhammad Sobri yang diwakili Komisi Pertanian DRD Erizal Sadikin mengatakan, dua strategi peluang yang dijalankan DRD Muara Enim yaitu mengurangi kemiskinan dan membuka peluang kewirausahaan.

"Adapun ke-12 isu strategi yang dijalankan DRD Muara Enim yakni percepatan penurunan angka kemiskinan, peningkatan sumber daya manusia, penurunan angka pengangguran, pemanfaatan potensi bonus demografi, peningkatan pengamalan keagamaan, dan peningkatan investasi berbasis sumber daya lokal.

Kemudian, lanjutnya, yakni pengembangan ekonomi berbasis pemberdayaan masyarakat, peningkatan konektivitas antarwilayah, pelayanan publik, kualitas lingkungan hidup, produktivitas pertanian dan pengembangan energi baru dan terbarukan," ujar Erizal.