Melalui Musik, BNNK Ciamis Ajak Masyarakat Lawan Narkoba

Ciamis - Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Ciamis, Dinas Kesehatan, Palang Merah Indonesia (PMI), Kelompok Pemusik Jalanan (KPJ), punk menggelar kegiatan bersama dalam tajuk "Ngamen Bareng" di Alun-Alun Ciamis, Sabtu (24/4) sore.

Acara yang dimulai pukul 15.30 WIB ini diisi dengan kegiatan ngobrol santai bersama BNN dan aksi donor darah dari PMI. Tidak hanya itu pementasan musik yang disuguhkan oleh Kelompok Pemusik Jalanan (KPJ), Punk Ciamis menambah hangatnya kegiatan sore ini.

“Kolaborasi ini merupakan salah satu cara kreatif untuk mengkampanyekan bahaya narkoba secara masif kepada masyarakat di wilayah Ciamis khususnya," ujar Ketua Tim Pelaksana P2M BNNK Ciamis Yudi Sukmayadi.

Ia mengatakan, egiatan kampanye anti narkoba secara masif harus dilakukan, mengingat negara ini sudah dalam kondisi darurat narkoba, hal ini dibuktikan dengan maraknya peredaran gelap narkoba yang berhasil diungkap.

Menurut Yudi, dalam menangani masalah narkoba bukan hanya tugas dari BNN semata, akan tetapi menjadi tanggung jawab seluruh elemen masyarakat dan pemerintah.

Yudi di hadapan puluhan orang dari Kelompok Pemusik Jalanan dan Punk mengenalkan BNN dalam menangani permasalahan narkoba, serta narkoba itu sendiri seperti apa baik jenis serta dampak yang ditimbulkannya hingga sanksi hukum bagi yang mengedarkannya tanpa hak.

“Salah satu bentuk penyampaian pesan sosial dari musisi untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang bahaya penyalahgunaan narkoba dan semangat bersama untuk menyatakan perang terhadap narkoba. Sesuai tagline BNN saat ini "War On Drugs," jelas Yudi.

Yudi berharap para rekan KPJ dan Punk Ciamis supaya bisa menghasilkan lagu-lagu yang isinya himbauan untuk tidak menyalahgunakan narkoba dan mampu menyuarakan perang terhadap narkoba, serta melalui karya kreasinya dapat menjadi jembatan bagi masyarakat untuk lebih memahami tentang bahaya penyalahgunaan narkoba terutama di kalangan generasi muda.

Yudi berpesan apabila ada yang sudah terlanjur menyalahgunakan narkoba segera datang ke BNNK Ciamis untuk segera dipulihkan, pungkasnya.

Menjelang waktu untuk berbuka puasa KPJ, Punk Ciamis bersama BNNK Ciamis pun membagikan Vitamin dan makanan untuk takjil buka puasa kepada masyarakat yang ada dilokasi tempat kegiatan berlangsung.

Pada kesempatan tersebut 12 labu darah pun didapatkan dari kegiatan ini yang berasal dari masyarakat yang ikut berpartisipasi.