Bupati Ciamis Ikuti Peringatan Hari Otda ke-XXV

Ciamis - Bupati Ciamis Herdiat Sunarya mengikuti peringatan Hari Otonomi Daerah (Otda) ke-XXV tahun 2021 secara virtual dari Aula Setda Kabupaten Ciamis, Senin (26/4).

Tema peringatan Hari Otonomi Daerah 2021 yakni "Membangun Semangat Kerja dan Tingkatkan Gotong Royong di Masa Pandemi COVID-19 untuk Masyarakat Sehat, Ekonomi Daerah Bangkit dan Indonesia Maju".

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, dalam laporan acaranya mengatakan, seyogyanya peringatan hari otonomi daerah dilaksanakan pada 25 April namun dikarenakan jatuh hari Minggu jadi peringatan dilakukan pada 26 April 2021.

Tito juga menegaskan kembali arti pentingnya otonomi daerah yang di balut dengan keanekaragaman dalam upaya memajukan ekonomi daerah.

Sementara itu, Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan, peringatan Hari Otonomi Daerah merupakan momentum yang tepat dalam menghadapi tantangan kedepan meningkatkan daya saing dengan meningkatkan pemberdayaan masyarakat.

"Pelaksanaan otonomi yang berkualitas butuh kepemimpinan yang adaptif yang selalu menyesuaikan dirinya dengan perubahan dan keadaan," ungkap Ma'ruf.

Ditambahkan wapres, pemimpin harus mampu memutuskan dan memecahkan suatu masalah dengan kebijakannya yang tepat.

"Penyelenggaraan urusan pemerintahan yang di bagi dari pusat dan daerah, memegang pemeran kunci penentuan kualitas dan kuantitas pemerintahan," jelasnya.

Atas dasar tersebut, wapres menekankan pentingnya sinergi pemerintahan yang kolaboratif agar terbentuknya kekuatan bersama antara pemerintahan dan masyarakat.

Selain itu, tambah wapres, proses digitalisasi harus meningkatkan pelayanan dari pemerintah, pihak ketiga, swasta, dan masyarakat

"Pemda sebagai ujung tombak pemerintahan semoga menjadi contoh dalam upaya penegakan disiplin protokol kesehatan 5M dan ikut mensukseskan akselerasi vaksinasi COVID-19," ujarnya.