Dinkes Kubu Raya Bagikan 800 Masker ke Sejumlah Rumah Ibadah

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya Marijan mengatakan, pada hari ini pihaknya serentak membagikan masker kepada sejumlah jama'ah di sejumlah masjid yang hendak menunaikan ibadah shalat Tarawih.

"Untuk hari ini lebih dari 800 masker yang kita bagikan ke sejumlah masjid, sedangkan khusus untuk di masjid Ash Shabiriin ini kita membagikan 200 masker kepada jama'ah yang hendak menunaikan ibadah shalat Tarawih," kata Kepala Dinas Kesehatan Kubu Raya Marijan saat membagikan masker kepada jamaah Masjid Ash Shabiriin di Desa Pal IX, Kecamatan Sungai Kakap", Senin (26/4) malam.

Marijan menambahkan, pembagian masker di masjid Ash Shabiriin ini melibatkan tenaga kesehatan di Puskesmas Sungai Kakap, bidan di Polindes Pal IX, Bhabinkamtibmas Punggur Besar, Bhabinkamtibmas Punggur Kecil dan Bhabinkamtibmas Pal IX.

Marijan menuturkan, pembagian masker ini akan dilakukan secara berkelanjutan dan tidak hanya dibagikan ke sejumlah rumah ibadah, namun juga akan dibagikan di beberapa Pondok Pesantren yang ada di tiga kecamatan di antaranya Sungai Raya, Sungai Kakap dan Sungai Ambawang.

"Diharapkan dengan dibagikannya masker di sejumlah rumah ibadah ini mampu memberikan ketenangan dan Kekhusyuan bagi jama'ah yang hendak menunaikan ibadahnya, sehingga kedepannya juga mampu menurunkan resiko penularan dan memutus mata rantai penyebaran COVID-19," harapnya.

Marijan juga mengimbau kepada masyarakat yang hendak beribadah untuk tetap menjaga jarak, memakai masker dan pengurus masjid hendaknya menyediakan tempat mencuci tangan.

"Kita mengharapkan selama bulan suci Ramadhan ini masyarakat bisa menjalankan ibadahnya dengan tenang, khusyu' dan tanpa ada kepanikan apapun," imbuhnya.

Sementara itu, pengurus masjid Ash Shabirin Abdul Hannan Farah mengapresiasi pembagian masker yang dilakukan Pemkab Kubu Raya melalui Dinas Kesehatan.

"Kami dari pengurus masjid Ash Shabirin mengucapkan Alhamdulillah Wasyukurillah, Tabarakallah. Semoga dengan pembagian masker ini bermanfaat bagi umat dan masyarakat terutama untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19 yang sampai saat ini belum berakhir," katanya.

Abdul Hannan menyampaikan terima kasih atas kepedulian pemerintah daerah kepada umat yang akan menunaikan ibadah di bulan suci Ramadhan ini.

"Mudah-mudahan Allah SWT membalas semua kebaikan yang diberikan pemerintah daerah", ucapnya.

Dirinya berharap agar pandemi COVID-19 ini cepat berakhir, karena dengan adanya penyakit yang menggerogoti penduduk dunia ini sangat meresahkan, terutama bagi kaum muslim dan muslimah yang hendak melaksanakan idabah haji dan umroh di Baitullah.

"Sampai saat ini sudah berapa banyak saudara-saudara kita yang ingin menunaikan panggilan Allah ke Tanah Suci terpaksa harus tertunda karena pandemi COVID-19,"paparnya.

Apresiasi serupa juga disampaikan salah satu jamaah masjid Ash Shabirin Rizal. Dirinya juga mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah yang peduli dengan kesehatan umat.

"Saya pribadi merasa sangat bersyukur, kalau pemerintah Kabupaten Kubu Raya sangat peduli dengan kesehatan umat," ucapnya.