Fauzi Buka Sosialisasi PATBM Kecamatan Pagelaran

Pringsewu - Wakil Bupati Pringsewu Fauzi menghadiri sekaligus menjadi pemateri pada sosialisasi perlindungan anak terpadu berbasis masyarakat (PATBM) di aula Kecamatan Pagelaran, Senin (26/4).

Dalam kegiatan ini, Wabup Pringsewu Fauzi, didampingi Kepala Dinas P3AP2KB Purhadi,  Koordinator Save The Children Lampung Jhon Sipayung dan Camat Pagelaran Bahrudin.

Sementara itu, Koordinator Program Save The Children John Sipayung mengungkapkan organisasinya masuk ke Provinsi Lampung sejak 2016 lalu, di tiga kabupaten, masing-masing Pringsewu, Pesawaran dan Tanggamus.

"Di Kabupaten Pringsewu, Save The Children sudah masuk di 29 pekon di 6 kecamatan, dimana awalnya adalah bergerak di bidang pemberdayaan petani kakao," ungkapnya.

Dikatakan lebih lanjut, visi Save The Children adalah membangun dunia di mana setiap anak memperoleh hak atas kelangsungan hidup, perlindungan, perkembangan, dan partisipasi.

"Sedangkan misi kami adalah menginspirasi terobosan dalam cara dunia memperlakukan anak-anak dan untuk mencapai perubahan langsung dan langgeng dalam hidup mereka, kemudian kolaborasi dengan pemerintah semoga bisa menjadi kabupaten yang layak anak nantinya," jelasnya.

Sementara itu, Wabup Fauzi, dalam sambutannya mengaku bangga dan sangat mendukung serta mengapresiasi diadakannya sosialisasi ini, selain itu Pringsewu juga sudah ditetapkan sebagai Kabupaten Layak Anak.

"Karena Kabupaten Pringsewu sudah layak anak, maka pekon seyogyanya juga menjadi Pekon Layak Anak," ujarnya.

Melalui kelompok PATBM ini, Fauzi berharap dapat menumbuhkan inisiatif masyarakat sebagai ujung tombak untuk melakukan upaya-upaya pencegahan dengan membangun kesadaran masyarakat agar terjadi perubahan pemahaman, sikap, dan perilaku yang memberikan perlindungan terhadap hak-hak anak.

Fauzi yang juga sebagai Ketua Lembaga Perlindungan Anak Kabupaten Pringsewu ini mengajak para kapekon bersama-sama menyukseskan dan memajukan PATBM di wilayahnya, serta berpihak kepada kepentingan dan hak-hak anak.

"Kita berharap kegiatan sosialisasi ini berlanjut dan konsisten demi keberlangsungan serta kesinambungan kepemimpinan masa depan," ujarnya.