Wapres: Ubah Paradigma Pemerintahan Jadi Inovatif dan Berbasis TI

Manggarai - Wakil Presiden Ma'aruf Amin menekankan pentingnya kepemimpinan kepala daerah dalam menjalankan kebijakan ekonomi dan kesehatan secara berimbang saat Peringatan Hari Otonomi Daerah ke-XXV Tahun 2021 yang digelar secara virtual, Senin (26/4).

"Pelaksanan otonomi daerah yang berkualitas membutuhkan kepemimpinan yang adaptif, pemimpin yang mampu menghadapi berbagai situasi, cepat, dan tepat dalam bertindak, dan berorientasi pada pemecahan masalah dengan selalu menyesuaikan dirinya dengan perubahan dan keadaan baru," kata Wapres Maruf Amin.

"Saya minta seluruh jajaran pemda sebagai ujung tombak pemerintahan agar selalu menjadi contoh dan pelopor baik dalam berinovasi untuk meningkatkan kualitas layanan publik maupun dalam menegakkan protokol kesehatan serta menyukseskan program vaksinasi di seluruh Indonesia," lanjutnya.

Terkait efektivitas penyelenggaraan pemerintahan daerah pada masa pandemi COVID-19, Wapres Ma'aruf menekankan tentang pentingnya mengubah orientasi pembangunan.

"Perlunya mengubah paradigma pemerintah dan pembangunan yang masih berorientasi pada business as usual atau rutinitas menjadi berbasis inovasi dan teknologi informasi," tegasnya.

Oleh karena itu, ia berharap pemanfaatan SDM, SDA, teknologi informasi, dan kearifan lokal sesuai karakteristik daerah masing-masing.

Poin lain yang ditekankan Wapres Ma'aruf antara lain pentingnya sinergi dan kolaborasi pemerintahan di setiap level; pemetaan masalah, berbasis data, dan proses digitalisasi; penguatan otonomi daerah melalui pembinaan, pengawasan, dan pemberian sanksi yang tegas; pemerintah yang adaptif, inovatif; pelaksanaan reformasi birokrasi yang menyeluruh; dan pemerintahan yang konsisten dalam implementasi regulasi.

Pada kesempatan itu, Ma'aruf Amin juga menyampaikan apresiasi penyelenggaraan Pilkada 2020 kali lalu yang berjalan dengan baik walau di tengah pandemi COVID-19.

"Keberhasilan tersebut menjadi suatu bukti bahwa melalui kepatuhan terhadap protokol kesehatan yang ketat, maka roda pemerintahan tetap berjalan dan produktif sehingga Pilkada yang merupakan agenda utama pembangunan demokrasi dan mandat konstitusi tetap dapat dilaksanakan sesuai rencana," ungkapnya.

Peringatan Hari Otonomi Daerah XXV Tahun 2021, dengan tema “Bangun Semangat Kerja dan Tingkatkan Gotong Royong di Masa Pandemi COVID-19, untuk Masyarakat Sehat, Ekonomi Daerah Bangkit, dan Indonesia Maju,” dihadiri oleh Ketua DPD RI, Menteri Dalam Negeri RI, Para Gubernur bersama Unsur Forkopimda Provinsi, dan Para Bupati dan Unsur Forkopimda Kabupaten.

Untuk Kabupaten Manggarai, diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Manggarai, Jahang Fansi Aldus, Ketua DPRD Kabupaten Manggarai Matias Masir, Pjs. Kasdim 1612/Manggarai Mayor Inf Suparno Hari, Asisten Administrasi Umum Setda Kabupaten Manggarai, dan sejumlah pimpinan perangkatdaerah.