Pemkot Mataram Raih Predikat "Memuaskan" Penganugerahan Pengawasan Kearsipan 2019

Mataram - Pemerintah Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, menerima Penganugerahan Pengawasan Kearsipan Tahun 2019 pada Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengawasan Kearsipan Nasional 2020 yang diselenggarakan oleh Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) di Kota Surakarta, Jawa Tengah, Rabu (26/2).

Wali Kota Mataram Ahyar Abduh menerima langsung Penganugerahan Pengawasan Kearsipan 2019 dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Tjahjo Kumolo pada acara Rakornas yang mengangkat tema "Arsip untuk Indonesia Maju" tersebut.

Plt Kepala ANRI M. Taufik mengatakan, salah satu upaya untuk keberhasilan kearsipan nasional adalah dengan melakukan pengawasan.

"ANRI berharap dukungan Menteri PAN-RB kedepan untuk membuat regulasi, sumber daya manusia dan lainnya, sehingga dapat terlaksananya kearsipan yang baik menuju Indonesia Maju.

Sementara itu, Wali Kota Ahyar Abduh mengatakan, Mataram meraih penghargaan dengan kategori "memuaskan", ini merupakan capaian prestasi yang harus diipertahankan dan terus ditingkatkan karena bangsa yang besar adalah bangsa yang bisa memelihara seluruh dokumen untuk kearsipan yang penting.

"Kedepan kita harus mengamankan seluruh dokumen yang memiliki nilai yang penting dan strategis untuk peningkatan pembangunan di Kota Mataram," ujarnya.

Sementara itu, Kadis Arsip dan Perpustakaan Miftahayatun menjelaskan Kota Mataram dinilai memiliki komitmen yang kuat walaupun untuk pengelolaan arsip di organisasi perangkat daerah (OPD) masih belum sempurna, tetapi komitmen untuk menyiapkan regulasi sudah lengkap semua.

"Selanjutnya bagaimana memacu OPD untuk menata arsipnya sesuai dengan regulasi tersebut," ujarnya.