Rombongan TP-PKK Kalsel Kunjungi UP2K PKK Nagari Situmbuak

Tanah Datar - Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Provinsi Kalimantan Selatan melakukan kunjungan ke (Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga) Nagari Situmbuak di Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, Rabu (26/2).

Rombongan TP-PKK Kalsel disambut langsung oleh Ketua Tim Penggerak PKK Tanah Datar Emi Irdinansyah didampingi Wakil Ketua II TP-PKK Provinsi Sumatera Barat Elinda Alwis, Kepala OPD, Wakil Ketua II Rina Irwandi di Gedung Indo Jolito Batusangkar.

Rombongan TP PKK Kalsel dipimpin langsung Ketua TP PKK Kalsel Raudatul Jannah Sahbirin dengan didampingi ketua TP-PKK Kabupaten Tapin, ketua TP-PKK Kabupaten Hulu Sungai Utara, pengurus TP-PKK Kota Banjarmasin, Kabupaten Tanah Laut, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (TP-PKK Kecamatan), Kabupaten Balangan dan Kabupaten Tabalong.

Ketua TP PKK Kalsel Raudatul Jannah Sahbirin mengatakan, kunjungannya ke Tanah Datar menjadi ajang silaturahmi untuk mempererat tali persaudaraan, sekaligus ingin melihat langsung kerajinan Sulaman Kapalo Samek UP2K (Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga) PKK Pelangi Nagari Situmbuak, Kecamatan Salimpaung yang menjadi juara nasional.

"Kami percaya UP2KPKK Nagari Situmbuak, Tanah Datar karena juara nasional, namun kami akan lebih percaya lagi jika kami sudah melihat langsung," ucapnya.

Raudatul mengatakan jika TP-PKK Kalsel tidak bosan-bosannya untuk belajar demi penguatan kelembagaan, menambah wawasan kader dan pokja mulai dari provinsi hingga ke tingkat pemerintahan terendah.

Sementara itu, Ketua TP PKK Tanah Datar Emi Irdinansyah mengucapkan selamat datang kepada rombongan TP-PKK Kalsel.

"Keberhasilan UP2KPKK Pelangi Nagari Situmbuak menjadi juara nasional tidak luput dari upaya bersama baik dari provinsi, kabupaten, kecamatan hingga nagari," ujarnya.

"Pada tahun 2019 kita juara I Nasional UP2KPKK, tahun yang sama kita juga juara I (Pola Asuh Anak dan Remaja (PAAR) tingkat provinsi, "ucapnya.

Emi menambahkan jika sulaman kapalo samek merupakan kerajinan menyulam dengan tangan yang sudah turun-temurun dan saat ini juga sudah menjadi muatan lokal bagi pelajar sekolah dasar (SD) di Tanah Datar.

"Selain sulaman ini kita juga punya kain batik seperti batik Pariangan yang diadopsi dari motif-motif naskah kuno, ada 250 lebih motif dan ini juga sebuah karya dari kearifan lokal yang harus dijaga dan dikembangkan," sebut Emi.

Sebelumnya, Bupati Tanah Datar diwakili Kepala Dinas PMDPPKB Tanah Datar Nofenril mengatakan, TP-PKK sebagai mitra pemerintah daerah sangat mendukung program-program pembangunan di daerah.

"Kita berharap ke depan TP PKK lebih memberikan kontribusi dalam membangun masyarakat dan keluarga, sehingga dapat menunjang percepatan pembangunan diberbagai sektor di daerah," ucapnya.

Rombongan TP PKK Provinsi Kalsel yang berjumlah 34 orang berkesempatan mengunjungi Istano Basa Pagaruyung, Nagari Tuo Pariangan, Danau Singkarak dan melihat langsung proses menyulam kapalo samek di UP2KPKK Pelangi Nagari Situmbuak tersebut.