Sekda Manggarai Sambut Kunjungan Kerja Kepala BKKBN RI

Manggarai -  Sekretaris Daerah Kabupaten Manggarai Jahang Fansi Aldus menyambut kunjungan kerja Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) RI Hasto Wardoyo bersama rombongan di Ruang VIP Nuca Lale, Kantor Bupati Manggarai, Selasa (27/4).

Kepala BKKBN RI Hasto Wardoyo menyampaikan kunjungannya ke Kabupaten Manggarai yang adalah atas dasar petunjuk Presiden Joko Widodo untuk mempercepat penurunan angka kekerdilan (stunting) di Nusa Tenggara Timur.

"Kami bersemangat sekali ke NTT, karena respons pemerintah setempat yang cepat," tuturnya.

Dirinya juga menyampaikan beberapa hal yang sering menjadi miskonsepsi dalam masyarakat terkait masalah stunting. Seringkali, katanya, masyarakat menyimpulkan orang postur tubuh pendek sebagai stunting.

"Orang pendek belum tentu stunting, tapi orang stunting itu pasti pendek. Dan ada ikutannya, kemampuan intelektualnya di bawah rata-rata. Yang kedua, pada umur 45 Tahun ke atas dia itu cenderung central obese," jelasnya.

Hasto yang juga berprofesi sebagai Dokter Spesialis Kebidanan ini juga menjelaskan bahwa cara terbaik mencegah stunting adalah saat pra-konsepsi, yakni persiapan fisik dan mental pasutri. Selain itu, asupan nutrisi calon ibu juga perlu diperhatikan.