Pemkab Sigi Ikuti Sosialisasi MCP Manajemen ASN dan Pengawasan APIP Bersama KPK

Sigi - Sekretaris Daerah Kabupaten Sigi Muh Basir didampingi Kepala BKPSDM Selvi mengikuti video conference mengenai Sosialisasi Aplikasi Monitoring for Prevention Manajemen ASN dan Pengawasan APIP bersama KPK RI dan seluruh Pemerintah Daerah se-Sulawesi, Selasa (27/4).

Pencegahan di Pemda difokuskan pada 8 area intervensi yang dikenal dengan MCP (Monitoring Centre for Prevention). MCP menggambarkan capaian tata kelola pemerintahan yang telah dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah selama 1 tahun.

Perwakilan KPK RI Niken menyampaikan bahwa MCP menjadi salah satu indicator dalam pemberian Dana Insentif Daerah (indicator pencegahan korupsi). Perbaikan tata kelola pemerintahan daerah mendorong akuntabilitas sehingga menurunkan risiko korupsi. Namun kebijakan perbaikan tata kelola yang diambil oleh Pemda sangat berhubungan erat dengan kebijakan Pemerintah Pusat. Berharap disetiap Pemerintah Daerah transparan dalam lelang jabatan tanpa ada jual beli jabatan, mutasi dan rotasi jabatan dilakukan berdasarkan profesionalisme, tanpa berdasarkan adanya kepentingan. Termasuk dalam pengadaan barang dan jasa karena itu sudah masuk dalam tindak pidana korupsi.