Plh Bupati Muara Enim Ajak Forum RT/RW se-Lawang Kidul Lawan COVID-19

Muara Enim - Unsur Tripika Kecamatan Lawang Kidul, menggandeng Forum RT/RW dan perwakilan pengurus masjid se-Kecamatan Lawang Kidul mengikuti sosialisasi dan penyuluhan percepatan penanggulangan wabah COVID-19 di Gedung Olahraga (GOR) Bukit Asam, Rabu (28/4).

Sosialisasi ini dihadiri oleh Pelaksana Bupati Muara Enim Nasrun Umar, Direktur Operasi dan Produksi (OP) PT Bukit Asam (PTBA) Suhedi, GM Layanan Operasional Tanjung Enim (LOTE) Venpri Sagara, Manager Humas Komunikasi dan Administrasi Korporat Iko Gusman, serta Camat Lawang Kidul Andrille Martin yang diwakili oleh Arinta Gumay, Kapolsek Lawang Kidul Iptu Desi Azhari, Danramil 404-05 Tanjung Enim Kapt Inf Fiber Irwanda, Kepala UPTD Puskesmas Tanjung Enim A Gani, dan Kepala Rumah Sakit Bukit Asam Medika (RS BAM) dr.Bandriyo Sudarsono.

Dalam kegiatan itu, Plh Bupati Muara Enim Nasrun Umar melakukan pengecekan rumah isolasi dan mengikuti acara sosialisasi, penyuluhan percepatan penanggulangan wabah COVID-19 di Kecamatan Lawang Kidul dan mengajak ketua RT/RW se-Kecamatan Lawang Kidul untuk selalu berupaya dalam melakukan pencegahan penyebaran virus corona dan mengembalikan lagi Kecamatan Lawang Kidul ke zona hijau.

"Saya berpesan kepada seluruh masyarakat, untuk tetap disiplin menjalankan 5M, karena memang keadaan sekarang berbeda dengan sebelumnya. Kita yang ada di Kabupaten Muara Enim sangat beruntung karena ada PTBA yang selalu membantu pemerintah dalam penanggulangan pandemi ini. Saya sangat berterimakasih kepada PT Bukit Asam Tbk karena sangat responsif. Tapi sekali lagi, pandemi ini tidak bisa hilang jika tidak dilawan bersama-sama, mari kita bergandengan erat melawan pandemi ini melalui doa dan usaha," tutur Nasrun.

Dalam sosialisasi tersebut, Kepala Puskesmas Tanjung Enim A Gani juga menyampaikan beberapa hal mengenai COVID-19.

"COVID-19 ini sangat menular, kurangi memegang area muka sebelum cuci tangan. Sampai sekarang, belum ada obat untuk menyembuhkan virus ini. COVID-19 ini berbahaya, apalagi kepada orang yang memiliki komorbid atau penyakit bawaan. Hal tersebut bisa memperparah keadaan, bahkan bisa sampai fatality," ujar Kepala UPTD Puskesmas Tanjung Enim A Gani.

Sementara itu, Manajer Humas Komunikasi dan Administrasi Korporat Iko Gusman berharap agar yang hadir pada kegiatan ini dapat lebih memahami tentang bahaya COVID-19 dan cara pencegahannya serta berpesan agar dapat disampaikan kepada warga dan jamaah masing-masing untuk bersama-sama mencegah COVID-19 ini dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan.

“Karena tidak ada acara lain, masalah COVID-19 ini hanya dapat diatasi apabila semua pihak kompak, bergerak secara serentak bahu-membahu baik dari pemerintahan, masyarakat, kelompok masyarakat, perusahaan untuk bersama-sama melawan covid-19 ini," tutupnya.