Dinkes Kubu Raya Masifkan Pembagian Masker ke Rumah Ibadah

Kubu Raya - Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat (Kalbar) kembali membagikan masker kepada jamaah di tiga masjid yang tersebar di dua desa kecamatan Sungai Raya, diantaranya dua masjid di desa Sungai Raya dan dua masjid di desa Sungai Raya Dalam (Serdam), Jumat (30/4/2021) malam.

Kepala Dinas Kesehatan kabupaten Kubu Raya Marijan mengatakan, pembagian masker kali ini pihaknya menyiapkan 400 masker yang dibagikan kepada jama’ah di tiga masjid di kecamatan Sungai Raya. dan pembagian masker ini merupakan sebagai upaya dari Dinas Kesehatan Kubu Raya menekan angka kasus COVID-19 yang saat ini mulai mengalami trend peningkatan di sejumlah daerah di provinsi Kalbar.

“Pemberian masker kepada jama’ah ini dilakukan sebelum digelarnya shalat Isya dan Tarawih. Hal ini dilakukan dengan harapan meski pandemi ini belum berakhir, namun kita berusaha bagaimana masyarakat itu tetap bisa beribadah dengan tenang dan tidak panik di bulan suci Ramadhan ini”, katanya usai membagikan masker.

Marijan menambahkan, pihaknya secara berkelanjutan akan terus menggencarkan upaya memutus mata rantai COVID-19 di daerah ini, satu diantaranya dengan membagikan masker kepada jama’ah yang hendak menunaikan ibadah di bulan suci Ramadhan ini. Untuk pembagian masker di tiga masjid yang ada di kecamatan Sungai Raya ini, pihaknya melibatkan tenaga kesehatan di Puskesmas KORPRI, Sungai Raya Dalam dan petugas dari Dinas Kesehatan kabupaten Kubu Raya.

“Tentunya kita semua mengetahui, momen bulan suci Ramadhan volume masyarakat yang menunaikan ibadah baik wajib maupun sunnah di masjid terus meningkat, tentunya kondisi ini, kita jangan lengah dengan protokol kesehatan, karena dengan tetap mematuhi protokol kesehatan terutama memkai masker, kita bisa saling menjaga satu dengan lainnya. Karena sesuai dengan tagline Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan yang menjadikan masker sebagai pakaian setiap warganya, sebab maskerku melindungimu dan maskermu melindungiku”, ujarnya.

Marijan menuturkan kedepan, pembagian masker ini akan terus dilakukan, karena kedepan pihak berusaha agar pembagian masker ini bisa dilakukan ke semua masjid yang ada di kecamatan Sungai Raya. Selain kecamatan Sungai Raya, pihaknya juga akan membagikan masker di masjid yang tersebar di tiga kecamatan lainnya, diantaranya kecamatan Sungai Kakap, Sungai Ambawang dan kecamatan Rasau Jaya.

“Untuk di kecamatan Rasau Jaya, selain di masjid, pembagian masker ini juga kita berikan kepada penumpang kapal klotok dan penumpang kapal ferry. Selain itu, beberapa waktu lalu kita juga telah membagikan masker kepada sopir truk, Anak Buah Kapal (ABK), buruh angkut, tukang parkir dan semua stekholder yang bertugas di terminal dan pelabuhan Rasau Jaya”, tuturnya.

Marijan menargetkan, selama Ramadhan tahun ini, pihaknya menargetkan kulang lebih 20.000 masker yang akan dibagikan kepada masyarakat dengan melibatkan tenaga kesehatan di masing-masing pelayanan kesehatan yang dilakukan pembagian masker.

“Kami berharap, masyarakat bisa memahami dan jangan sampai kendor untuk mematuhi tujuan protokol kesehatan terutama menggunakan masker, jaga jarak dan mencuci tangan pakai sabun. Kita berharap dengan menerapkan 3M ini kita semua bisa memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di daerah kita dan kita bisa masuk ke dalam zona hijau, mengingat saat ini Kubu Raya masih masuk ke dalam zona kuning COVID-19”, pungkasnya.