Pemkab Kubu Raya-Menakertrans Canangkan Pembangunan BLK UPTP

Kubu Raya - Bupati Kubu Raya Kalimantan Barat (Kalbar) Muda Mahendrawan didampingi Ketua Dekranasda Rosalina Muda, serta Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Heri Supriyanto, melakukan audiensi dengan Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah di Jakarta membahas rencana pendirian Balai Latihan Kerja Unit Pelaksanan Teknis Pusat (BLK UPTP) di kabupaten itu.

"Audiensi ini kita lakukan pada Jumat (30/4/2021) kemarin, yang mana kita mengunjungi langsung Kementeriaan Ketenagakerjaan di Jakarta. Pada intinya beliau meyakinkan bu menteri bahwa beliau sangat berkomitmen mendukung pendirian BLK UPTP Kemenaker, termasuk menyediakan lahan yang diperlukan," kata Muda di kediamannya Jalan Tanjungsari Kota Pontianak, Sabtu (1/5/2021).

Menurut Muda, keberadaan BLK UPTD tersebut nantinya akan memberikan kontribusi yang signifilan bagi khususnya Angkatan Kerja Kubu Raya dalam rangka mengantisipasi dampak Revolusi Industri 4.0, Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), Bonus Demografi, dan Pandemi COVID-19.

"Selain itu juga meminimalisir Pekerja Migran Indonesia (PMI) dari Kubu Raya yang tidak mempunyai kompetensi dan memaksimalkan yang mempunyai kompetensi. Diharapkan ke depan, masyarakat kita bisa bekera dan membangun daerahnya sendiri, sehingga tidak lagi menjadi PMI," tuturnya.

Kalau pun ada masyarakat Kubu Raya yang tetap ingin menjadi PMI, maka melalui BLK UPTD tersebut mereka akan dilatih sehingga memiliki kemampuan yang lebih baik dan siap untuk bekerja di luar.

Muda mengatakan, pada kesempatan itu dirinya juga menyampaikan bahwa pendirian BLK UPTD itu juga akan dipadukan dengan Rumah Susun Sederhana Sewa (Rasunawa) Pelatihan Kerja.

"Di lokasi tersebut kedepannya, akan dijadikan magnet ruang kesempatan usaha-usaha ekonomi masyarakat berbasis UMKM dan ketahanan pangan. Untuk mewujudkan itu, kita akan kepong bakol, agar semua bisa berjalan beririgan dan menyukseskan semua kegiatan yang ada," jelasnya.