Bupati Tanah Datar Fokus Pembangunan SDM dan Fisik

Batusangkar - Kabupaten Tanah Datar salah satu daerah yang tidak memiliki sumber daya alam khususnya mineral yang melimpah. Untuk itu pemerintah daerah terus berbenah untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia.

Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Richi Aprian  saat melakukan kunjungan Tim Safari Ramadhan (TSR) Khusus di Masjid Baitul Makmur Nagari Minangkabau Kecamatan Sungayang, Sabtu (1/5), usai shalat subuh berjamaah.

Wabup Richi menyampaikan, pemerintah Tanah Datar terus berbenah meningkatkan SDM guna meningkatkan daya saing.

"Pemerintah Kabupaten Tanah Datar akan terus membangun SDM untuk meningkatkan daya saing. Untuk itu kepada orang tua terus dukung anak-anak untuk sekolah, kalau kurang mampu Insya Allah pemerintah daerah siap untuk membantu biaya pendidikan sampai ke perguruan tinggi," kata Richi.

Wabup mengungkapkan, sampai hari ini kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Eka Richi sudah 65 hari menjabat, belum banyak yang bisa diperbuat namun tetap komit dan bertekad menjadikan Tanah Datar kabupaten madani dan ini butuh dukungan dari masyarakat.

"Mari bersama sama kita bangun Tanah Datar, membangun bukan saja butuh dana akan tetapi juga butuh pemikiran atau moril dari masyarakat dengan tujuan untuk kemaslahatan atau kesejahteraan masyarakat," ucap Richi.

Richi menyampaikan dirinya bersama bupati terus melakukan kunjungan lapangan sekaligus menyerap aspirasi masyarakat.

“Khusus Kecamatan Sungayang untuk perbaikan jembatan di Pasar Nagari Tanjung, Saya bersama tim sudah menemui langsung Dirjen di Kementerian PUPR untuk usulan perbaikan, mudah-mudah bisa terealisasi,” ungkap Richi.

Ke depannya, wabup menambahkan, beberapa nagari masih banyak yang belum ada sinyal telekomunikasi dan akan difasilitasi guna untuk mempermudah komunikasi  dan mempersingkat birokrasi seperti pengurusan izin dan kelengkapan dokumen, masyarakat tidak perlu lagi datang ke kantor pusat pelayanan.

"Kita belum tahu kapan COVID-19 ini berakhir, untuk itu kita diminta untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan, kalau sudah ada sinyal/ jaringan  di setiap nagari akan mempermudah akses pelayanan kepada masyarakat," jelasnya.

Wabup juga mengingatkan untuk bersama-sama mengatasi penyakit masyarakat di antaranya narkoba dan kenakalan remaja, serta ramaikan masjid dan surau dengan kegiatan keagamaan.

Pada kesempatan tersebut Wakil Bupati didampingi Kadis PU Nofi Hendri dan Camat Sungayang Yatriwel juga menyerahkan bantuan sebesar Rp10 juta.