Mahfud Jadikan Lapas Pasuruan 'Pilot Project' Lapas Terintegrasi

Pasuruan - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD berkunjung ke Pasuruan, Minggu (2/5). Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Periode 2008-2013 tersebut mengunjungi Lapas Kelas II B Pasuruan untuk mengetahui kondisi dan situasi terkini Lapas Pasuruan.

Menurutnya, Lapas Pasuruan sudah berhasil merubah image penjara yang menakutkan, menjadi tempat pembinaan yang dapat menghasilkan keuntungan. Baik Lapas maupun warga binaan pemasyarakatan (WBP) itu sendiri.

"Kalau dulu penjara tempat penyiksaan. Tapi sekarang, mindset ini sudah berubah. Banyak karya bisa menjadi bekal kalau mereka keluar. Untuk mereka bisa bekerja dan kreatif, itu bagus sekali," kata Mahfud di hadapan awak media yang mengerubutinya.

Saat berkeliling di area dalam Lapas, Mahfud melihat bahwa kapasitas sel tahanan melebihi kapasitas yang tersedia. Bahkan bisa overcapacity hingga 4 kali lipat dari kamar normalnya.Yakni dari 260 orang menjadi lebih dari 870 warga binaan yang berada di Lapas Pasuruan.