Bupati Mabar Lantik Fransiskus S. Sodo Sebagai Sekda

Labuan Bajo - Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi melantik dan mengambil sumpah jabatan Fransiskus Sale Sodo sebagai Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah (Sekda) Manggarai Barat (Mabar), setelah satu tahun lebih di jabat oleh Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah. Pelantikan berlangsung di Aula Kantor Bupati Manggarai Barat, Senin (3/5).

Pelantikan Sekda Mabar tertuang dalam SK Bupati nomor BKPPD.821/214/IV/2021. Bertindak sebagai Saksi PNS pada pelantikan tersebut adalah Sekda Manggarai Timur Ir. Boni Hasidungan dan Sekda Manggarai Drs. Jahang Fansi Aldus dan Saksi Rohaniawan Katholik Romo Richar Mangu.

Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi dalam sambutannya mengatakan Pada kesempatan yang sangat baik ini menyampaikan kepada Sekda Fransiskus Sodo bahwa hari ini telah ditetapkan sebagai pemimpin bagi seluruh Pegawai Negeri Sipil di Kabupaten Manggarai Barat.

"Saya ingin menegaskan bahwa Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Sekertaris Daerah merupakan jabatan tertinggi bagi ASN dalam lingkup Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat," ucap Bupati.

Dijelaskannya, dalam kedudukan ini seluruh simpul kebijakan daerah baik yang bersifat teknis maupun strategis dikoordinasi dan dikonsolidasikan oleh Sekda sebelum kemudian Bupati bersama Wakil Bupati tetapkan sebagai kebijakan daerah.

Bupati mengatakan tugas ini bukanlah tugas yang mudah karena ruang lingkup kegiatan Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat sangatlah luas, terutama disaat ini Pemkab Manggarai Barat telah ditetapkan sebagai salah satu Destinasi Pariwisata Super Prioritas.

Saat ini, lanjut Bupati yang biasa disapa Edi Endi potret birokrasi kita masih sangat jauh dari kondisi ideal, terutama jika kita sandingkan dengan dinamika pemerintahan pada beberapa kabupaten atau kota lainnya atau kita sandingkan dengan beberapa indikator turunan dari Indikator Reformasi Birokrasi.

Untuk itu Edi Endi berharap agar Sekda Mabar secara cermat mengidentifīkası semua permasalahan terkait dengan road map Reformasi Birokrasi dan segera mengambıl langkah strategis dan cepat agar ditangan saudara kita dapat memperbaiki kinerja birokrasi kita.

"Dengan birokrasi yang kuat dan tangguh saya optimis upaya kita untuk meningkatkan kinerja pembangunan daerah dapat dengan cepat tercapai," tegasnya.

Terkait peningkatkan kinerja pembangunan daerah, maka tahun ini, Bupati Mabar berharap agar Sekda  dapat dengan cepat melakukan koordinasi dan konsolidasi beberapa kebijakan strategis daerah antara lain penyelesaian RPJMD Tahun 2021-2026, RKPD Tahun 2022, Penyelesaian Struktur Organisasi dan Tata Kerja serta beberapa kebijakan turunannya, kebijakan pinjaman daerah dan optimalisasi peran Perumda Bidadari.

"Beberapa paket kebijakan strategis diatas harus segera dituntaskan secepatnya dengan tetap tidak mengabaikan hubungan substasi antar dokumen dimaksud. Demikian pula dengan beberapa kebijakan regular lainnya agar segera diselesaikan," tukas bupati ujung barat pulau Flores tersebut.

Jabatan Sekertaris Daerah merupakan jabatan tertinggi bagi ASN didaerah ini Bupati mengingatkan hendaklah jabatan yang diemban dipandang sebagai pelayan bukan kekuasaan untuk berbuat sesukannya.

"Ingat kita bekerja dibatasi oleh kewenangan sebagaimana yang telah diatur dalam ketentuan peraturan perundang-undangan dan sebagai pelayan tentunya kita bekerja untuk tujuan Kesejahtreraan Masyarakat," ucap Bupati Edi Endi.

Bupati Bumi Komodo tersebut bersyukur kasus COVID-19 cenderung menurun dalam beberapa hari terakhir, namun demikian sebagai Ketua Sekertariat Satgas Covid Manggarai Barat harus tetap Waspada dan terus malakukan koordinasi dan konsolidasi dengan semua tim gugus tugas agar kasus COVID-19 tetap menurun.

"Untuk itu saya sudah mengingatkan saudara agar menjadi teladan bagi masyarakat dengan tidak merayakan pelantikan secara berlebihan dan kepada semua ASN saya tegaskan untuk memberi ucapan selamat di ruang ini atau disampaikan secara daring guna menghindari penularan COVID-19 di daerah kita," tegasnya.

Ia percaya dengan pengalaman kerja yang sudah emban dapat melaksanakan seluruh tugas pokok dan fungsi yang hari ini dipercayakan.

"semoga dengan dilantiknya Saudara sebagai Sekertaris Daerah defenitif kita akan semakin optimis untuk melangkah Bersama mewujudkan Manggarai Barat yang "Maju, Unggul, Tangguh dan Populer". pungkas Bupati Mabar Edistasius Endi.

Turut hadiri seluruh unsur Forkopimda Mabar, para Kepala instansi Vertikal, Pimpinan OPD, Kepala BUMN, BUMD, dan Para Camat se-Manggarai Barat.