Operasi Ketupat Intan 2021 Dimulai Kamis

Martapura - Kapolres Banjar AKBP Andri Koko Prabowo memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) tentang kesiapan pelaksanaan operasi kepolisian terpusat “Ketupat Intan-2021” di Aula Tri Brata Martapura, Selasa (4/5) pagi.

Turut hadir dalam rakor Dandim 1006 Martapura Letkol Inf Imam Muchtarom, Kadishub Banjar Aspihani, Kepala Pelaksana BPBD Banjar Irwan Kumar, Perwakilan Dinkes Banjar, Perwakilan Satpol PP, dan Jajaran Polres Banjar.

Rakor ini dilaksanakan dalam rangka kesiapan larangan mudik dan pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1442 H.

AKBP Andri Koko Prabowo mengatakan, akan mendirikan tiga posko pengamanan yaitu Posko Simpang Empat, Posko CBS dan Posko Gambut.

”Pendirian posko ini bukan penyekatan atau bisa lalu lalang orang dari luar daerah harus mengantongi SIKM ( Surat Izin Keluar Masuk ) dan Surat Sehat berupa Antigen dari dinas terkait. SIKM diperoleh dari Lurah atau Pejabat setempat,” ujarnya.

Dikatakannya, saat pemeriksaan jika tidak bisa menunjukkan SIKM maka kepada yang bersangkutan akan dilakukan Rapid Antigen dari Dinas Kesehatan yang membantu di posko. Operasi tersebut akan dilaksanakan pada tanggal 6-17 Mei 2021. Apel gelar pasukan akan digelar Rabu 5 April sebagai tanda operasi Ketupat akan berlangsung.

” Kita sangat serius dalam hal menjalankan Instruksi Pemerintah tentang larangan mudik, dengan tujuan menekan penyebaran COVID-19 sehingga bisa dikendalikan,” tegasnya.

Sementara itu Dandim 1006 Martapura Letkol Inf Imam Muchtarom menambahkan pendekatan kepada masyarakat agar dilakukan dengan humanis tapi tetap tegas.