Pemkab Tanah Datar Akan Rapid Antigen Perantau Masuk

Batusangkar - Pemerintah Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat akan mendirikan Posko Pengamanan di beberapa titik pintu masuk terkait larangan mudik 6-17 Mei 2021.

"Di Posko Pengamanan ini nantinya ada fasilitas rapid test antigen secara gratis kepada perantau yang akan masuk ke Tanah Datar walaupun mungkin sudah ada yang mengantongi surat keterangan bebas COVID-19 tetap akan dilakukan. Pemerintah daerah tidak bisa melarang sepenuhnya perantau yang sudah sampai di Tanah Datar. Untuk itu mohon kiranya pengertian perantau untuk kebaikan bersama," ujar Bupati Tanah Datar Eka Putra, Rabu (5/5).

Apalagi tambah bupati, Tanah Datar dan Sumatera Barat menurut laporan yang diterima berada pada jalur merah.

"Kita ingin sebelum perantau berkumpul dengan keluarganya dipastikan tidak dalam kondisi positif COVID-19. Ada kejadian baru-baru ini di Tanah Datar, perantau kita pulang kampung yang kemudian diketahui positif COVID-19 dengan status Orang Tanpa Gejala (OTG) menularkan virus kepada kedua orang tuanya yang ternyata orang tuanya ada penyakit penyerta. Allah SWT berkehendak, kedua orang tuanya meninggal dunia. Ini hendaknya menjadi pelajaran buat semua," terang bupati.

Bupati juga berharap masyarakat jangan anggap remeh dengan COVID-19, tetap mematuhi protokol kesehatan dengan menerapkan budaya 5M terutama memakai masker saat beraktivitas di luar rumah.