Pemkab Pringsewu Gelar Rapat Usulan Desa Cantik

Pringsewu - Plt Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Pringsewu Malian Ayub memimpin rapat terkait usulan tambahan Desa Cinta Statistik (Cantik) M di ruang rapat Sekdakab Pringsewu, Selasa (4/5).

Rapat tersebut juga dihadiri oleh Kepala BPS Pringsewu Eddy Prayitno, Kadis Kominfo Samsir Kasim, dan perwakilan OPD terkait lainnya.

Program Desa Cinta Statistik ini merupakan inovasi program pembinaan statistik sektoral dari Badan Pusat Statistik (BPS), yang sejalan dengan semangat Satu Data Indonesia yaitu mewujudkan keterpaduan perencanaan pelaksanaan, evaluasi, dan pengendalian pembangunan.

Melalui program Desa Cantik ini diharapkan nantinya sistem informasi desa berbasis masyarakat dapat dioptimalkan. Desa Cantik merupakan binaan BPS untuk menyuguhkan data-data konkret pada setiap desa.

Pemilihan Desa Cantik diambil melalui kategori desa yang paling dekat dengan masyarakat, karena desa adalah ujung tombak pembangunan. Untuk Kabupaten Pringsewu sendiri ada beberapa pekon yang akan diajukan kepada kementerian untuk dipilih menjadi percontohan. Desa Cantik di Kabupaten Pringsewu diantaranya Pekon Podomoro, Pekon Bumiratu, Pekon Lugusari dan Pekon Gadingrejo Timur.

Plt Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Malian Ayub dalam rapat ini juga menekankan pekon manapun nanti yang akan dipilih oleh kementerian untuk menjalankan program Desa Cantik, diharapkan bisa menjadi motivasi dalam pembangunan di Kabupaten Pringsewu. Sehingga diharapkan kedepan semua data dan informasi yang mengenai program-program baik pembangunan dan sebagainya bisa menjadi program Satu Data Indonesia.