Desa Cikolelet Siap Jadi Desa Cantik Wakili Kabupaten Serang

Serang - Desa Cikolelet, Kecamatan Cinangka siap mewakili Kabupaten Serang dalam program Desa Cinta Statistik (Desa Cantik) oleh Badan Pusat Statistik (BPS), yang nantinya akan dipilih 100 desa terbaik.

Kepala BPS Kabupaten Serang Tutty Amalia mengungkapkan untuk di Provinsi Banten selain Kabupaten Serang ada dua desa, di Kota Serang dan Kabupaten Lebak yang terpilih menjadi Desa Cantik.

"Ini adalah salah satu program percepatan dari BPS dalam rangka mewujudkan satu data Indonesia," ujar Tutty usai Sosialisasi Desa Cantik di Aula Kantor Desa Cikolelet, Selasa (4/5).

Tutty menjelaskan, program ini menjadikan desa sebagai objek untuk pengumpulan data. Bahkan semua pembangunan pun objeknya di Desa.

"Jadi, kalau datanya sudah terhimpun dengan bagus, sudah di kelola dengan bagus kedepannya Insya Allah akan lebih baik," kata Tutty.

Tutty menyebutkan, pihaknya berupaya memunculkan kesadaran aparat pemerintahan desa agar paham terlebih dahulu tentang pentingnya data. "Setelah mereka paham, maka akan mudah untuk menularkan ke masyarakat," tegas Tutty.

Sedangkan alasan dengan memilih Desa Cikolelet, Tutty mengatakan, bahwa untuk pemilihan dari BPS Pusat. Yang pertama mungkin dilihat dari kepala desa yang kooperatif dan desanya juga terlihat ada keinginan ingin maju, desa berkembang dan mandiri.

"Kebetulan juga Desa Cikolelet desa wisata yang mana program Pemda Kabupaten Serang juga prioritas untuk Desa Cikolelet, karena kami juga berkoordinasi dengan Pemda untuk memilih calon desa cantik," terang Tutty.

Tutty juga memaparkan, Desa Cikolelet nantinya akan menjadi desa percontohan untuk desa lain yang ada di Kabupaten Serang.

"Kami akan coba dengan desa lainnya tapi tentunya dengan kebutuhan desa masing-masing. Kalau Cikolelet Desa wisata, kalau daerah Cikande industrinya," ungkapnya.

Turut hadir pada sosialisasi tersebut, Kepala Dinas Komunikasi Informatika, Persandian dan Statistik (Diskominfosatik) Kabupaten Serang, Anas Dwi Satya Prasadya, Kepala Bidang Persandian dan Statistik Diskominfosatik, Shuinta Asfilian Harjani, Plt Kades Cikolelet Ahmad Zaeni, Sekmat Cinangka tokoh masyarakat, dan pegawai Pemerintah Desa Cikolelet.

Sementara itu, Kepala Diskominfosatik Kabupaten Serang Anas Dwi Satya Prasadya mengatakan dengan terpilihnya Desa Cikolelet, Kecamatan Cinangka merupakan pilot projek dari 100 desa cantik se indonesia, dan di Banten juga baru ada 3 desa yang dipilih termasuk Desa Cikolelet ini.

"Terkait dengan desa cantik ini, tentunya desa merupakan basic data yang harus valid, berkualitas, dan update. Desa saat ini adalah subyek pembangunan, sehingga pembangunan yang berkelanjutan dapat berkelanjutan, dapat terlaksana dengan baik. Tentunya dengan desa sebagai basik data, pemda dapat merencanakan pembangunan secara lebih terarah," ujar Anas.