Pemdes Parit Baru Kubu Raya Salurkan Bantuan PPKM Mikro

Kubu Raya - Pemerintah Desa Parit Baru, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat menyerahkan bantuan sembako dalam penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala mikro kepada 150 kepala keluarga (KK) yang tersebar di lima dusun.

Kegiatan ini didahului dengan edukasi pendisiplinan protokol kesehatan 4M (Memakai masker, Mencuci Tangan pakai sabun, Menjaga jarak dan Menanjakkan Imunitas Tubuh) dan sosialisasi tentang bahaya COVID-19 oleh petugas Dinas kesehatan kabupaten Kubu Raya dan Ketua BPD Parit Baru.

Kepala Desa Parit Baru Musa Abdul Hamid mengatakan, bantuan yang diserahkan untuk setiap KK ini berupa beras 10 kg, telur 30 butir, gula pasir 1 kg dan minyak goreng 1 liter. Bantuan ini memang diperuntukan bagi warga kurang mampu, dan pihaknya hanya bisa memberikan 2 persen dari jumlah penduduk dan jumlah KK yang ada di desa ini.

“Dari lima dusun yang ada di Desa Parit Baru, kita hanya bisa memberikan bantuan setiap dusunnya 30 KK dan bantuan ini merupakan anggaran yang disisihkan 8 persen dari pagu Dana Desa untuk PPKM mikro. Penetapan KK yang berhak menerima bantuan ini merupakan usulan dari RT dan disampaikan ke kepala dusun yang selanjutnya diserahkan ke desa," katanya di sela kegiatan penyerahan bantuan PPKM mikro untuk warga tidak mampu di Posko PPKM Mikro Desa Parit Baru, Rabu (5/5).

Musa menuturkan, untuk hari ini pihaknya memfokuskan menyerahkan bantuan untuk 30 KK yang ada di Dusun Nurul Huda, untuk empat dusun lainnya pihak mengantarkan bantuan tersebut dengan mendatangi rumah si penerima bantuan. Karena dalam menerapkan PPKM mikro ini, selain menyerahkan bantuan, pihaknya juga mensosialisasikan tentang COVID-19 ini di posko PPKM mikro Desa Parit Baru.

“Karena kalau dari rumah ke rumah, tentunya kita memiliki kesempatan banyak untuk mensosialisasikannya. Kita berharap dengan bantuan ini, ada sosisialisasi PPKM mikro yang tersampaikan kepada penerima bantuan (ibu-ibu lansia)," ujarnya.

Musa menyampaikan, sampai saat ini pihaknya sudah membentuk lima posko PPKM Mikro di setiap dusun karena pihaknya tidak membentuk posko itu di setiap RT.

Kepala Desa Parit Baru dua priode itu menjelaskan, dari Rp1,3 miliar pagu dana desa yang ada di desa Parit Baru, pihaknya menyisikan Rp111 juta untuk kegiatan PPKM Mikro ini, satu diantaranya pemberian bantuan sembako ini, selebihnya digunakan untuk kegiatan asosialisasi, membeli masker, hand soap, hand sanitizer, dan keperluan lainnya.

“Sampai saat ini berdasarkan data yang kita miliki dari bulan Januari hingga Mei terdapat 16 orang warga Desa Parit Baru yang terkonfirmasi positif COVID-19 dan orang meninggal dunia. Untuk di Kecamatan Sungai Raya terdapat 263 orang terpapar COVID-19 dan jumlah ini ada yang berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP), Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan meninggal dunia," jelasnya.

Sementara itu, satu diantara penerima bantuan, Sumi menyampaikan terima kasihnya kepada Pemerintah Desa Parit Baru khususnya Kepala Desa Musa Abdul Hamid yang peduli dengan nasib warganya yang tidak mampu sehingga bisa merasakan kebahagian menjelang Idul Fitri 1442 Hijriah.

“Alhamdulillah, saya bersyukur dan berterima kasih kepada kepala desa Parit Baru yang sangat peduli dengan warganya yang kurang beruntung seperti saya. Sehingga dengan bantuan ini tentulah dapat mencukupi kebutuhan keluarga saya sampai Idul Fitri nanti," ucapnya.

Penyerahan bantuan PPKM mikro ini juga dikawal patugas keamanan dari Polres Kubu Raya dan dihadiri BPD, kepala dusun dan beberapa ketua RT.