Pemkab Aceh Tengah Gencarkan Operasi Yustisi Penegakan Prokes

Takengon - Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah menggelar Apel Gabungan Operasi Yustisi yang dipimpin oleh Sekretaris Daerah Subhandy, didampingi oleh Dandim 0106 dan Kapolres Aceh Tengah, di halaman Kantor Bupati setempat, Kamis (6/5).

Dalam arahannya, Sekda Subhandhy mengatakan Operasi Yustisi ini bertujuan untuk mengimbau dan mengajak masyarakat akan pentingnya mematuhi protokol kesehatan serta memenuhi anjuran pemerintah agar semua terhindar dari COVID-19.

Subhandy juga mengapresiasi langkah-langkah penegakan disiplin yang telah dilakukan oleh personel gabungan PM, TNI, Polri, Satpol PP dan Wilayatul Hisbah serta petugas Dinas Perhubungan, karena akan memberi pengaruh untuk mendisiplinkan masyarakat dalam pelaksanaan protokol kesehatan.

“Kami sangat mengapresiasi dan merasa bangga atas kesungguhan saudara-saudara para petugas gabungan yang tanpa lelah terus melakukan melakukan upaya pendisiplinan masyarakat selama beberapa hari terakhir, kami yakin tindakan ini akan menjadi pengingat bagi masyarakat untuk tidak abai dan tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan,” kata Subhandy.

Dalam kesempatan itu Subhandy mengingatkan bahwa angka COVID-19 di Kabupaten Aceh Tengah hingga kemarin telah mencapai lebih dari 50 orang. Angka ini harus menjadi sinyal bagi semua pihak bahwa persebaran COVID-19 itu sangat cepat dan harus diantisipasi dengan kedispilinan masyarakat secara ketat dan bijak. Meskipun Operasi Yustisi ini merupakan upaya penegakan protokol kesehatan yang harus dilaksanakan secara tegas, namun sekda mengingatkan kepada seluruh personil apel gabungan agar dalam melaksanakan tugas dilapangan tetap humanis dan mengedepankan langkah-langkah persuasif terhadap pelanggar prokes.

“Penegakan harus humanis dan persuasif, agar masyarakat teredukasi kedisiplinannya. Bila terus melanggar dapat diberikan sanksi sosial dan terakhir dapat didenda,” lanjut Subhandy.

Sekda juga berpesan kepada seluruh anggota tim gabungan untuk tetap menjag kesehatan, sehingga dapat terus melaksanakan tugas dengan baik.

“Jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan dan keselamatan selama bertugas, tetap semangat karena ini adalah tugas mulia,” pungkasnya.

Usai pelkasanaan apel gabungan tersebut, seluruh personil dibagi menjadi tiga kelompok atau regu dan langsung bergerak ke tiga titik lokasi di seputaran Kota Takengon.