Tanah Datar Raih WTP Sembilan Kali Berturut-turut

Batusangkar - Pemerintah Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, kembali meraih predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah untuk kesembilan kalinya secara berturut-turut.

Apresiasi dalam pengelolaan keuangan dan aset tahun anggaran 2020 ini disampaikan Kepala Perwakilan BPK RI Sumbar Yusnadewi, di ruangan pertemuan Gedung BPK Perwakilan Sumbar secara virtual, Rabu (5/5). Bupati Tanah Datar Eka Putra bersama Plh Sekda Edi Susanto, Kepala BKD Adrion Nurdal, Plt. Inspektur Desi Rima dan jajaran terkait mengikuti dari Gedung Indo Jolito sementara  Ketua DPRD Rony Mulyadi Dt Bungsu dari Gedung DPRD.

Bupati Tanah Datar Eka Putra menyampaikan rasa syukur dan apresiasi dengan capaian ini.

“Alhamdulillah di bulan yang berkah kita memperoleh opini WTP, terima kasih kepada DPRD, BKD, seluruh perangkat daerah, walinagari, secara proaktif, menunjukkan komitmen dan kerjasama yang baik saat dilakukan pemeriksaan oleh auditor BPK dan juga terima kasih kepada partai politik dan orgasasi kemasyarakatan yang bisa menunjukkan pertanggungjawaban keuangan dengan baik. Ini buah kerja sama dan komitmen yang kuat, kita kembali meraih WTP untuk ke-10 kalinya. Opini  pertama diraih pada tahun 2009 dan dapat kita pertahankan untuk kesembilan kalinya secara berturut-turut dari  2012, 2013, 2014, 2015, 2016, 2017, 2018, 2019 dan 2020 ini,” ungkap bupati.

“Ini tugas berat bagi saya ke depannya untuk mempertahankannya dan saya berharap selama kepemimpinan kani bersama wakil bupati, pengelolaan keuangan berjalan baik dan akuntabel. Untuk itu saya minta kerjasama dan koordinasi yang baik selama ini bisa terus dipertahankan,” harapnya.

Bupati juga menyampaikan sebagai kepala daerah yang baru dilantik tugasnya bisa mempertahankan capaian ini, tentunya butuh bimbingan, masukan, dan saran BPK beserta seluruh jajaran serta atas penekanan yang disampaikan BPK RI akan segera ditindak lanjuti sebelum batas waktu yang diberikan.

“Terima kasih kepada BPK atas bimbingan dan masukannya, semoga opini WTP menjadi berkah bagi semua dan semangat bagi kami menjadikan Tanah Datar lebih baik ke depannya,” harapnya.