Bupati Tanah Datar Minta Dukungan Wartawan Sosialisasi Prokes

Batusangkar - Bupati Tanah Datar Eka Putra melakukan silaturahmi dengan awak media atau wartawan yang bertugas di wilayah setempat, Rabu (5/5).

Bupati Eka Putra menyampaikan bahwa kondisi konfirmasi kasus COVI-19 akhir-akhir ini meningkat cukup signifikan. Hal ini menurut bupati disebabkan masyarakat kabupaten Tanah Datar saat ini mulai abai terhadap protokol kesehatan.

"Tidak hanya masyarakat biasa yang akhir-akhir ini abai terhadap protokol, tetapi juga dari ASN  sendiri kadang tidak patuh terutama memakai masker saat di luar rumah," ujar Eka Putra.

Menyikapi kondisi seperti ini, ujar Eka, Pemkab Tanah Datar telah membentuk tim gakkumdu yang anggotanya terdiri dari gabungan TNI, Polri, Satpol PP, Dishub, Dinas Kesehatan dan Koperindag.

Tugas utama tim ini, terang bupati adalah melakukan razia terkait dengan pelaksanaan protokol kesehatan terutama di lingkungan kantor pemerintah dan tempat-tempat umum lainnya serta memberikan sanksi apalagi menemukan pelanggaran terhadap protokol kesehatan.

Tidak sampai disitu, menurut Eka Putra dalam menyambut Idul Fitri tahun ini dan memutus rantai penyebaran COVID-19 di Kabupaten Tanah Datar. Pemda Tanah Datar juga telah menginstruksikan di setiap nagari untuk mendirikan posko penanggulangan COVID19 yang bertugas melaporkan kondisi di nagari setiap harinya ke kabupaten.

"Saat ini posko penanggulangan COVID-19 di nagari-nagari telah ada dan telah beroperasi, dan tugas utamanya memberikan laporan terkait dengan kondisi terkini di nagari termasuk jika ada perantau yang sudah terlanjur pulang kampung. Sebab pihak Pemda Tanah Datar juga akan memberikan pelayanan rapid test antigen (RTA) bagi para perantau yang sudah terlanjur pulang ke kampung halaman, ini dilakukan juga demi memutus rantai penyebaran Covid 19 serta kekhawatiran masyarakat," jelas Bupati.

Lebih lanjut Eka Putra mengatakan bahwa posko penanggulangan COVID-19 di nagari juga dimaksudkan untuk tugas pemantauan sehingga apabila ada kasus konfirmasi covid bisa dengan segera diatasi.

Bupati berharap wartawan juga memberikan dukungan informasi dan edukasi kepada masyarakat tentang kepatuhan melaksanakan protokol kesehatan serta ancaman semakin merebaknya penyebaran virus Corona.

Tampak hadir pada kegiatan tersebut Kepala Dinas Kominfo Abrar beserta jajarannya, Kabag Humas dan Protokol Setda Tanah Datar Yusrizal.