Salat Idul Fitri di Natuna Diizinkan Digelar di Masjid

Natuna - Salat Idul Fitri 1442 Hijriah di Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau, diizinkan digelar di masjid dan mushala dengan menerapkan protokol kesehatan.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Ranai Ahmad Husein pada Dialog Interaktif Kopi Pagi " Mudik dan Lebaran di Masa Pandemi," yang digelar Diskominfo Natuna, Jumat (7/5).

Ahmad Husein menyampaikan bahwa dalam surat edaran ini, Kementerian Agama menyampaikan jika dalam keadaan zona kuning dan hijau masih diperbolehkan melaksanakan dengan tidak melebihi 50% kapasitas lapangan ataupun masjid dan mushala, tetapi jika suatu daerah terpapar begitu parah larangan untuk tidak melaksanakan ibadah.

Dalam kesempatan yang sama, Satgas COVID-19 Kabupaten Natuna Hikmat Aliansyah mengatakan bahwa Pemda telah menerbitkan surat edaran nomor 108 tentang perjalanan orang dalam negeri dengan menggunakan transportasi umum.

"Intinya dalam edaran ini perjalanan khusus di dalam Natuna masih di mperbolehkan, dengan ketentuan memakai transportasi laut yang lebih dari empat jam, harus melakukan rapid tes antibodi yang sekarang ini sudah bisa di lakukan secara gratis khusus perjalanan di dalam Natuna, tetapi kalau di luar berbayar, untuk pengamanan tim satgas COVID-19 melakukan scanning kepada para penumpang yang berasal dari luar Natuna, di pelabuhan maupun di bandara, ini dilakukan agar untuk meminimalisirkan penyebaran virus yang di bawa orang dari luar Natuna kegiatan terus menerus dilakukan," ujar Hikmat.

Dalam acara Dialog Interaktif Kopi Pagi m, Wakapolres Natuna Kompol Ferri Aprizon juga menyatakan bahwa terkait pengamanan bulan Ramadhan, Polres Natuna melaksanakan kegiatan Operasi Ketupat Selegi 2021 yang dimulai 6-17 Mei 2021 dengan tujuan memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat baik dalam melaksanakan ibadah Tarawih mau pun salat Idul Fitri.

Selanjutnya Polres Natuna membentuk Pos terpadu tepatnya di Pantai Piwang, dan posko pelayanan yaitu di Penagi, Binjai dan Selat Lampa, sedangkan untuk posko pengamanan berada di Batu Kasah dan Tanjung.

"Alhamdulillah semua berjalan dengan lancar," ujar Ferri.

Kepala Kemenag Ranai Ahmad Husein juga mengimbau kepada masyarakat Natuna agar selalu mematuhi protokol kesehatan ketika melaksanakan salat tarawih maupun Idul Fitri nanti.

"Jangan lengah walaupun Natuna berada di zona hijau," tegasnya.