BPOLBF Bersama Unsur Pentahelix Gelar Forum Floratama

Labuan Bajo - Sebagai salah satu upaya dalam mendorong percepatan pembangunan pariwisata dan ekonomi kreatif di Kabupaten Nagekeo yang menjadi wilayah koordinatifnya, Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) menggelar Forum Floratama bersama segenap unsur pentahelix yang berlangsung di Hotel Pepita, Mbay, 3-4 Mei 2021.

Forum ini berupaya membuka diskusi secara aktif terkait pemetaan potensi yang bisa dikembangkan secara bersama-sama, melihat kelemahan dan kekurangannya, kemudian menyusun langkah- langkah strategis untuk pengembangannya.

Pemerintah Nagekeo sebagai salah satu unsur dalam pentahelix sangat mengapresiasi forum ini. Apa saja peran dan peluang kerjasama yang bisa dikolaborasikan dalam mewujudkan percepatan pembangunan pariwisata dan ekonomi kreatif yang berkelanjutan dan berdaya saing, berupaya digali dan dibahas secara konkret dengan sangat detail serta terukur.

Direktur Industri dan Kelembagaan BPOLBF, Neysa Amelia mengungkapkan bahwa Forum Floratama edisi Nagekeo ini berupaya menyelami lebih jauh kondisi aksesibilitas, amenitas, atraksi, dan ancillary daerah ini, kemudian mendorong para stakeholder secara bersama-sama menyusun langkah strategi untuk percepatan pembangunannya.

"Dengan para stakeholder pariwisata disini, kami berdiskusi dan menyusun strategi bersama dengan harapan kami semua disini secara bersama mengupayakan penguatan kapasitas daya dukung aksesibilitas, amenitas, atraksi, dan ancillary (kelembagaan--SDM) untuk pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif di Nagekeo," jelas Neysa.

Naysa mejelaskan selain menggali aspirasi dan menyamakan visi, Forum Floratama Nagekeo ini juga menjadi ruang bagi segenap unsur pentahelix untuk bisa berbagi peran secara aktif dan kolaboratif.

Direktur Utama BPOLBF, Shana Fatina menjelaskan bahwa ada 4 poin yang coba didorong untuk melihat bentuk kerjasama yang bisa dilakukan oleh setiap aktor Pentahelix tersebut, yaitu: Program Kegiatan, Output Yang spesifik, Anggaran, serta Peran Tiap Aktor.

"Peran masing-masing aktor dari segenap unsur pentahelix sangat penting disini, karena untuk membangun pariwisata harus dilakukan bersama-sama. Pariwisata sebagai sektor unggulan tentunya membutuhkan peran sektor lain, sehingga harus saling mendukung dan menggerakkan," ucapnya.

Diketahui Forum Floratama di kabupaten

Nagekeo merupakan ruang komunikasi aktif bagi unsur pentahelix yang meliputi Akademisi, Bisnis, Pemerintah, Komunitas, dan Media untuk dapat berkoordinasi dan berkolaborasi dalam mewujudkan percepatan pembangunan pariwisata dan ekonomi kreatif di kota ini.

Hasil dari kegiatan ini selanjutnya merumuskan sejumlah usulan kerjasama dan pembentukan kelompok kerja yang ditindaklanjuti dengan penandatanganan nota kesepahaman antara BPOLBF dan Pemerintah Kabupaten Nagekeo.