Bupati Kubu Raya Resmikan Pembangunan SMA Keterampilan Babussalam

Kubu Raya - Bupati Kubu Raya melakukan peletakan batu pertama pembangunan SMA Keterampilan Babussalam di Desa Sungai Nipah, Kecamatan Teluk Pakedai, Sabtu (8/5).

“Alhamdulillah di Kubu Raya khususnya di Kecamatan Teluk Pakedai, yang mana sekolah keterampilan Babussalam Teluk Pakedai ini yang sejak beberapa waktu lalu dirintis. Tentunya saya menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada semua tokoh masyarakat, pemuda dan semuanya yang mendukung supaya Madrasah Tsanawiyah (MTs) -nya bisa eksis dan kedepannya bisa menerima Madrasah Aliyah (MA). Hal ini diperlukan suatu keputusan, dan keberanian keyakinan yang tinggi. Karena kalau mengurus masalah pendidikan tidak dengan keyakinan maka akan sulit terwujud, sebab di situlah letak tantangannya," kata Bupati Muda Mahendrawan.

Bupati menuturkan, saat ini SMA negeri sudah menjadi kewenangan pemerintah provinsi, tentunya pemerintah daerah hanya bisa membantu melalui hibah dana, sedangkan SMA swasta bisa digiring melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) dengan bentuk dana hibah maupun hibah bangunan. Karena sifat kewenangan ini tentu kedepannya diperlukan pembahasan yang lebih baik lagi.

“Namun hal yang paling penting itu programnya dulu, karena program ini menjadi magnet dan dengan program inilah yang diinginkan sehingga menjadi SMA keterampilan dan program ini diharapkan memperkuat ekonomi kreatif para pemudanya. Itu semua ada kaitan langsung dengan pengembangan daerah kita melalui wisata kampung dan wisata desa," ujarnya.

Apresiasi serupa juga disampaikan Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalbar Mujiono. Dirinya menilai, masih rendahnya Indeks Pembangunan Manusia (IPM) provinsi Kalbar yang berada di peringkat ke 30 dari 34 provinsi membuat pihaknya akan membangun SMA sebanyak-banyaknya. Untuk itu pihaknya bertekad meningkatkan IPM agar bisa berada di tengah.

“Satu diantara cara untuk meningkatkan IPM ini dengan mendirikan sekolah-sekolah baru. Hadirnya SMA keterampilan Babussalam ini menjadi jawaban dan menjadi satu diantara cara untuk meningkatkan IPM kita. Saya sangat mengapresiasi dan berterima kasih dengan bapak Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan, karena meski SMA ini menjadi kewenangan provinsi, namun beliau masih bersemangat membantu dan membangun perkembangan SMA ini. Tentunya hal inilah yang harus kita syukuri," ujarnya.

Peletakan Batu Pertama SMA Keterampilan Babussalam ini disaksikan Ketua TP PKK kabupaten Kubu Raya  Rosalina Muda Mahendrawan, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kubu Raya Muhammad Ayub, Kepala Dinas Kesehatan Marijan, Kepala Bidang Pariwisata Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata, anggota DPRD Kubu Raya Dapil Rasau Jaya-Teluk Pakedai Yanto, Camat Teluk Pakedai M. Yusuf, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan Laskar Sakera.