Bupati Kubu Raya Pimpin Apel Konsolidasi Persiapan Idul Fitri

Kubu Raya - Polres Kubu Raya, Kalimantan Barat bersama pemerintah daerah dan Kodim 1207/BS menggelar apel konsolidasi kesiapan malam takbir, shalat Idul Fitri 1442 Hijriah dan Kenaikkan Isa Almasih di halaman Mapolres Kubu Raya, Rabu (12/5) petang.

Apel yang dipimpin Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan ini diikuti jajaran Polres Kubu Raya, Kodim 1207/BS, Brimob, Dinas Perhubungan, Kepala Satpol PP Adriansyah beserta jajaran, Kepala Dinas Kesehatan Marijan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kubu Raya dan Damkar.

Dalam amanatnya, Bupati Muda Mahendrawan menegaskan, dilakukannya apel konsolidasi ini sebagai upaya memperkuat kesiapan dalam mengamankan malam takbiran yang akan berlangsung malam ini.

"Selain itu juga kegiatan ini menjadi langkah untuk kesiapan kita agar memastikan semua persiapan shalat Idul Fitri 1442 H dapat dilakukan tertib dan dengan langkah-langkah yang sungguh-sungguh bisa memberikan kenyamanan, keamanan ketenangan dan Kamtibmas yang baik serta subtansi yang disampaikan bapak Kapolri pada Apel Operasi Ketupat yang lalu bahwa ini semua subtansinya juga tidak lepas pandemi COVID-19 yang harus diupayakan untuk ditekan berkaitan dengan hadir varian baru COVID-19," katanya.

Bupati menuturkan, varian baru COVID-19 ini paling membahayakan dan telah terindikasi telah memasuki Indonesia dan Kalimantan Barat yang berada pada posisi perbatasan yang cukup rentan dan Kubu Raya berada di pintu udara melalui bandara, pintu darat melalui jalan Trans Kalimantan dan pintu sungai melalui tiga pintu muara diantaranya Muara Kapuas, Muara Kubu dan Muara Kakap.

"Selain itu Kubu Raya merupakan daerah yang sangat strategis karena berada di hinterland Kota Pontianak yang sangat padat. Dalam apel ini, kita sekaligus untuk memastikan keamanan dalam perayaan Isa Almasih 2021. Tentunya dari tiga rangkaian kegiatan ini diharapkan agar apel konsolidasi ini sekaligus mengingatkan kita memahami dan mencegah agar pada malam takbiran ini kita mampu mengantisipasi terjadinya kerumunan-kerumunan dan penumpakan masyarakat serta hal-hal yang mengancam penyebaran COVID-19," pintanya.

Bupati menambahkan, dalam apel konsolidasi diharapkan semua pihak terutama TNI/Polri Satpol PP dapat mengontrol melalui patroli secara terus menerus, karena seluruh kantor dan titik pusat perbelanjaan dan semua perundangan dalam masa libur, diharapkan dimonitor dengan baik.

"Selain itu, tempat-tempat strategis lainnya juga perlu dilakukan pencegahan-pencegahan dan kita akan kawal terus pelaksanaan PPKM berskala mikro di setiap desa dan RT," imbuhnya.

Di tempat yang sama, Kapolres Kubu Raya AKBP Yani Permana mengatakan, dalam pelaksanaan apel ini ada lima agenda yang akan dilaksanakan diantaranya, pengamanan malam takbiran, karena pihaknya sudah memutuskan tidak adanya takbir keliling sehingga diperlukan pengamanan maksimal.

"Yang kedua pengamanan shalat Idul Fitri 1442 H dan diharapkan ibadah ini kita harus pastikan bisa berlangsung baik, khusyu tenang, aman dan tetap menerapkan protokol kesehatan," kata Kapolres.

Selanjutnya, Kapolres menambahkan, kegiatan pengamanan perayaan Isa Almasih yang mulai besok pagi sampai sore akan dilakukan sterelisasi akan dilakukan dari Brimob, sedangkan pengamanannya akan dilakukan dari Polres Kubu Raya.

"Yang keempat bagaimana protokol kesehatan tetap diterapkan dan dijalankan masyarakat kita, termasuk kita sebagai garda terdepan dalam pencegahan penyebaran COVID-19 dan yang kelima atau terakhir ialah situasi Kamtibmas di kabupaten Kubu Raya Harus tetap terjaga dengan kondusif dan tidak boleh ada yang mengganggu kenyamanan dan kemanaan di kabupaten ini," tegasnya.

Sementara itu Dandim 1207/BS Pontianak Kolonel Infantri Jajang Kurniawan mengatakan, beberapa hari lalu Malaysia melakukan lockdown karena pandemi COVID-19, kondisi itu membuat banyak pekerja migran Indonesia banyak yang dipulangkan, sehingga sangat memungkinkan varian baru COVID-19 akan berkembang di daerah ini.

"Berkaitan kondisi itu, saya minta seluruh jajaran yang ada tetap semangat dalam mengatasi pandemi COVID-19 ini. Tetap semangat menjaga kesehatan, tetap semangat untuk mengingatkan, menghimbau kepada masyrakat maupun kelaurga kita untuk tetap menerapkan protokol kesehatan," imbuhnya.

Usai pelaksanaan Apel Konsolidasi ini, Bupati Muda Mahendrawan, Kapolres AKBP Yani Permana dan Dandim 1207/BS Pontianak secara bersama-sama menyampaikan selamat hari raya Idul Fitri 1442 H mohon maaf lahir dan batin.