Jadi Teknologi Transformatif, Telkomsel Segera Hadirkan 5G di Indonesia

Natuna - Komisaris Utama Telkomsel Wishnutama Kusubandio menyampaikan, jaringan telekomunikasi generasi kelima (5G) akan menjadi teknologi paling transformatif.

“Layanan 5G akan akan menjadi teknologi paling transformatif di era ini. Saya percaya, saya juga percaya teknologi 5G akan menjadi game changer bagi Indonesia. kita bisa lihat dari 4G sudah melahirkan banyak industri, hiburan, media sosial, serta tumbuhnya unicorn bahkan decacorn, dengan 4G sendiri berbagai layanan online bisa dinikmati dengan mudah oleh penduduk Indonesia. Mulai dari Transportasi, delivery order, games, online shopping, pembayaran online serta streaming berbagai layan televisi online, itu baru layanan 4G. bayangkan bagaimana kemudian kehadiran 5G dapat menjadi perkembangan teknologi terbaru bagi kemajuan Indonesia kedepannya,” ujar Wishnutama.

Ia mengatakan, 5G sendiri merupakan teknologi wireless generasi ke lima yang akan meningkatkan kualitas layanan data jarak jauh lebih baik dari 4G. Kecepatan data 5G bisa mencapai 20 Gigabits per detik atau dua puluh kali cepat dari 4G.

“Kecepatan data 5G bisa mencapai 20 Gigabits per detik atau dua puluh kali cepat dari 4G, sederhananya untuk mendownload video berdurasi 2 ham kita hanya membutuhkan beberapa detik. Kepadatan koneksi dalam mengakomodir 10 lebih banyak perangkat/devices. Implementasi ini bisa menghasilkan nilai ekonomi global hingga mencapai 13,2 USD triliun, dan menghasilkan 22,3 juta lapangan pekerjaan yang tercipta dengan hadirnya teknologi 5G. Bukan hanya menghasilkan lapangan pekerjaan baru namun juga lapangan pekerjaan yang ramah lingkungan. Selain itu juga melahirkan profesi baru yang membuat Indonesia semakin berdaya,” ujarnya.

Wishnutama juga menjelaskan, 5G dapat menginspirasi inovasi baru yang tetap menjaga bumi tetap hijau, karena inovasi yang diciptakan berbasis internet. Termasuk di dalamnya pengolahan pangan dan sampah.

Wisnu juga berharap kedepannya melalui layanan 5G Indonesia dapat mengintregasikan dunia digital dan fisik mulai dari memenuhi kebutuhan konsumen atau dunia usaha.

"Layanan 5G akan segera hadir di Indonesia di akhir 2021.Layanan 5G ini diharapkan dapat membuka peluang bagi anak muda untuk berdaya di era digital," ujarnya.