Bupati Sigi Hadiri Panen Raya Kopi Arabika di Desa Dombu

Sigi - Bupati Sigi Mohamad Irwan menghadiri panen raya kopi arabika di lokasi kebun kopi Himpunan Petani Kopi Kamanuru, Desa Dombu, Kecamatan Marawola Barat, Rabu (19/5).

Selain melakukan panen bersama para petani kopi, Bupati Sigi juga meninjau langsung tempat pengolahan dan pembibitan kopi yang dikelola oleh Himpunan Petani Kopi Kamanuru. Himpunan petani kopi Kamanuru ini terbentuk sejak tahun 2019 pasca-bencana gempa yang melanda wilayah Sigi dan sekitarnya, dan kini telah memiliki sekitar 60 hektar lahan untuk pengembangan kopi yang dikelola bersama oleh 40 orang anggota.

Kopi hasil pengolahan para petani ini sudah menembus pasar internasional, diantaranya yaitu pernah diekspor ke Dubai dan Jepang pada Mei 2020, dan rencananya pasca-panen ini juga akan melakukan ekspor ke wilayah Timur Tengah.

Bupati Sigi, dalam kesempatan dialog bersama para petani kopi dan masyarakat setempat, memberikan apresiasi dan terima kasih atas apa yang telah dilakukan dan dicapai oleh para petani kopi maupun para pemerhati kopi yang telah mendorong masyarakat, khususnya di Desa Dombu untuk memanfaatkan potensi kopi yang ada.

Irwan menyampaikan bahwa hal ini adalah bagian dari upaya mewujudkan cita-cita mensejahterakan masyarakat, yang juga sejalan dengan visi pemerintah daerah menuju Sigi berdaya saing berbasis agribisnis, dimana potensi-potensi daerah dikembangkan menjadi industri kecil menengah.

Bupati Sigi juga menyampaikan bahwa saat ini pemerintah daerah Kabupaten Sigi sedang menyiapkan terkait dengan rencana 'Satu Kecamatan satu IKM'.

Dirinya berharap rencana ini didukung oleh seluruh komponen bukan hanya pemerintah daerah tetapi juga sampai ke tingkat desa dengan penguatan melalui anggaran dana desa, dan tentunya partisipasi aktif masyarakat sebagai sasaran sekaligus pelaku dari rencana pengembangan IKM ini nantinya.

Turut hadir, Kepala Dinas PMD, Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Plt Kepala Dinas Koperasi dan UMKM, serta Camat Marawola Barat.