Pemprov Kepri Gelar Vaksinasi Gotong Royong Virtual 67 Titik

Natuna - Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) menggelar acara vaksinasi gotong royong virtual secara serentak 67 titik di Provinsi Kepulauan Riau, Rabu (19/5).

Presiden Joko Widodo hadir di PT Bintan Inti Industrial Estate (BIIE), Kabupaten Bintan, dalam rangka meninjau vaksinasi COVID-19 massal di wilayah tersebut.

“Kita harapkan sesegera mungkin di Provinsi Kepri peningkatan persentase yang divaksin semakin banyak dan kita harapkan nanti herd immunity/kekebalan komunal segera bisa tercapai dan kita semuanya bisa kembali pada keadaan normal kembali, vaksinasi digelar serentak di 67 lokasi yang tersebar di tujuh kabupaten/kota, yakni Kota Tanjungpinang, Kota Batam, Kabupaten Natuna, Kabupaten Karimun, Kabupaten Lingga, Kabupaten Kepulauan Anambas dan Kabupaten Bintan," ujar Jokowi.

Jokowi juga mengapresiasi kecepatan vaksinasi di Provinsi Kepulauan Riau, dan diharapkan ini dapat ditopang dengan tambahan vaksin dari Kementerian Kesehatan.

"Tadi saya juga sudah perintahkan kepada Pak Menteri Kesehatan agar suplai vaksin untuk Kepulauan Riau jangan sampai terlambat," ujar Jokowi.

Presiden Jokowi juga meminta agar dalam pelaksanaan vaksinasi pemerintah daerah memprioritaskan pemberian vaksin kepada kelompok masyarakat lanjut usia (lansia).

Pada kesempatan tersebut, Kepala Negara juga mendengarkan paparan dari sejumlah pemerintah kabupaten/kota mengenai cakupan vaksinasi di wilayah masing-masing.

Pertama, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Natuna melaporkan, saat ini di wilayah tersebut telah mencapai 5.613 vaksinasi. Dalam pelaksanaan vaksinasi serentak kali ini, Pemkab Natuna membuka lima posko  vaksinasi dan menargetkan peserta sebanyak 500 orang. Distribusi vaksin ke Kabupaten Natuna dilaporkan berjalan dengan lancar, namun terdapat tantangan dalam mendistribusikan vaksin ke kecamatan yang berbatasan dengan laut.

Selanjutnya, Pemerintah Kota Batam melaporkan, target vaksinasi di wilayah tersebut berjumlah 774.803 orang, dengan rincian penduduk lansia sebanyak 36.107 orang dan usia 18-59 tahun sebanyak 738.696 orang.

“Total yang sudah divaksin hingga hari ini 72.726 orang. Jumlah masyarakat yang sudah divaksin saat ini, khusus hari ini, berjumlah 7.437 orang yang tersebar di 16 titik di 9 kecamatan di Kota Batam". ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam Jefridin Hamid.

Jefridin juga menyampaikan harapan agar Kota Batam memperoleh alokasi vaksin Gotong Royong, mengingat kota tersebut adalah kota industri. Banyak karyawan bekerja di industri yang menopang pertumbuhan ekonomi Kota Batam dalam rangka pemulihan ekonomi nasional.

Menanggapi hal tersebut, Presiden Jokowi menyampaikan bahwa jumlah pasokan vaksin yang telah tiba di Tanah Air untuk skema vaksinasi Gotong Royong saat ini baru sebanyak 420 ribu dari target 30 juta dosis vaksin.

Selanjutnya, Pemkab Kepulauan Anambas melaporkan penduduk yang akan divaksin di wilayah tersebut adalah sebanyak 32.415 orang. Dalam gelaran vaksinasi serentak kali ini dosis vaksin diberikan kepada 1.500 orang yang tersebar di 7 puskesmas dan 1 rumah sakit umum daerah.

Menanggapi laporan Pemkab Kepulauan Anambas, Presiden Jokowi menyoroti meningkatnya kasus COVID-19 di wilayah tersebut dan meminta agar terus dilakukan upaya untuk meningkatkan disiplin protokol kesehatan di tengah masyarakat.

Hadir dalam acara peninjauan vaksinasi tersebut antara lain Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo dan Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad,