Aceh Tengah Raih Penghargaan API 2020

Labuan Bajo - Kabupaten Aceh Tengah meraih satu penghargaan Anugerah Pesona Indonesia (API) 2020.

Dalam acara pengumuman dan penyerahan penghargaan API Award 2020 yang digelar di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, Kamis (20/5), Aceh Tengah meraih Juara 2 untuk kategori Destinasi Belanja Terpopuler yang diraih Kampung Kerawang Gayo Bebesen. Untuk kategori ini, Juara 1 diraih oleh Sentra Tenun Ikat Ndao, Kota Kupang, NTT, sementara Juara 3 ditempati oleh Tanggo Buntung, Kota Palembang, Sumsel.

Penghargaan untuk Aceh Tengah tersebut diserahkan oleh Dirjen Kerjasama Pemberdayaan Kekayaan Intelektual, Kementerian Hukum dan HAM RI Daulat P. Silitonga dan diterima langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Tengah, Subhandy.

Kerajinan Kerawang Gayo merupakan hasil karya seni masyarakat Gayo yang diwariskan secara tirun temurun dan telah diakui menjadi Warisan Budaya Tak Benda oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun 2014 silam. Kerajinan kerawang Gayo ini berkembang di seluruh wilayah di kabupaten Aceh Tengah ini, namun sentra produksi dan pemasaran kerajinan tradisional ini berada di Kampung Kerawang Gayo Bebesen, kecamatan Bebesen, Kabupaten Aceh Tengah.

Dalam beberapa tahun terakhir, kampung/desa ini telah menjadi pusat pengrajin dan penjualan kerajinan, maupun cinderamata bermotif ukiran bordir Kerawang Gayo yang menjadi salah satu daya tarik bagi para wisatawan yang berkunjung ke dataran tinggi Gayo, Aceh Tengah.

Sekda Subhandy, usai menerima penghargaan mewakili Bupati Aceh Tengah, menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat, para pengrajin, serta stakeholder terkait dan terkhusus kepada Dewan Kerajinan Nasional (Dekranasda) Kabupaten Aceh Tengah. Menurut Subhandy, Dekranasda Aceh Tengah yang saat ini dipimpin oleh Puan Ratna, selama ini telah melakukan pembinaaan secara intensif kepada para pengrajin dan aktif mempromosikan kerawang Gayo pada setiap event nasional maupun international, sehingga kerajinan ini dikenal luas dan keberadaan Kampung Kerawang Gayo semakin populer, sehingga mampu meraih penghargaan ini.

“Alhamdulillah, tahun ini kita mampu meraih juara dua pada kategori destinasi belanja terpopuler untu kampung kerawang Gayo Bebesen, kita berharap agar Kerawang Gayo semakin dikenal oleh masyarakat luas, wisatawan lokal maupun luar negeri” ungkap Subhandy.

API Award 2020 merupakan kegiatan pemberian penghargaan oleh Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif kepada daerah dalam upaya membangkitkan apresiasi masyarakat terhadap pembangunan pariwisata Indonesia.

Meski merasa bangga karena Kampung Kerawang Gayo Bebesen berhasil meraih Juara 2 untuk kategori Destinasi Belanja Terpopuler, namun Subhandi berpesan agar tidak lantas berpuas diri dengan capaian ini. Justru dengan diraihnya penghargaan ini, Subhandy berharap bisa menjadi motivasi bagi para pelaku, khususnya para pengrajin untuk terus mengembangkan dan meningkatkan kualitas kerajinan kerawang Gayo ini.

“Kita merasa bangga dengan karya terbaik putra/putri daerah ini, namun tak boleh lantas berpuas diri, kami berharap ini bisa menjadi penyemangat para pelaku ekonomi khususnya pengrajin kerawang Gayo untuk terus lebih kreatif mengembangkan dan meningkatkan kualitas kerajinan bermotif kerawang Gayo,” pungkasnya.