Wabup Tanah Datar Launching QRIS di Masjid Nurul Amin Pagaruyung

Tanah Datar - Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian meluncurkan penggunaan Quick Response Indonesia Standard (QRIS) untuk penerimaan infak dan sedekah di Masjid Nurul Amin, Pagaruyung, Batusangkar, Jumat (21/5).

"Alhamdulillah kehadiran QRIS dapat menjadi solusi pembayaran infak, sedekah dan zakat secara mudah. Kita menyakini, dengan bersedekah dapat membuka pintu rejeki. Insha Allah, semakin besar sedekah semakin besar rejeki diraih," ujar Wabup Richi.

Selain itu, Wabup Richi berpesan Masjid Nurul Amin diharapkan menjadi mesjid percontohan, baik penerapan protokol kesehatan, pengaplikasian Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah (ABS SBK) dan hal positif lainnya.

"Setiap ASN harus menjadi cerminan masyarakat sekitar baik penerapan protokol kesehatan maupun pengaplikasian ABS SBK guna mewujudkan visi pemerintah daerah itu sendiri. Karena, selain masyarakat sekitar, jemaah adalah ASN dilingkup Pemerintah Kabupaten Tanah Datar. Dari sinilah, Insha Allah menjadikan Masjid Nurul Amin sebagai mesjid  percontohan bagi mesjid lainnya," ujar Wabup Richi Aprian.

Wabup Richi berharap dengan telah berlalunya bulan suci Ramadhan 1442 H tidak menurunkan semangat untuk memakmurkan masjid.

"Jangan sampai berakhirnya Ramadhan menurunkan semangat beribadah di mesjid, tentu dengan tertib menerapkan protokol kesehatan," ujar Wabup Richi.

Sementara itu, Kepala Bank Nagari Syariah Batusangkar Dewi Purnama mengatakan kehadiran QRIS mendukung pengembangan digitalisasi.

"Dengan QRIS setiap transaksi dilakukan dengan menscan kode yang telah disediakan. Kehadiran program di mesjid Nurul Amin memudahkan kita  untuk pembayaran sedekah dan infak," ujar Dewi Purnama.

Disamping itu, juga dilakukan penggalangan dana dari ASN lingkup pemerintahan Tanah Datar untuk meringankan beban masyarakat Palestina yang terkumpul sebesar Rp2.743.000, untuk nantinya diserahkan dan disalurkan melalui Aksi Cepat Tanggap (ACT) cabang Bukittinggi.

Turut hadir pada kesempatan Plh. Sekretaris Daerah Tanah Datar Edi Susanto, Asisten Pemerintahan dan Kesra yang juga ketua pengurus mesjid Nurul Amin Suhermen, Kepala Bank Nagari Cabang Batusangkar Fauzan, kepala OPD dan ASN lingkup pemerintahan Tanah Datar.