Dirjen Pemdes Kemendagri dan Bupati Banjar Pantau Pilkades Serentak

Martapura - Dirjen Bina Pemdes Kemendagri menggelar Pemantauan Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa Serentak Tahun Anggaran 2021 via Zoom Meeting, Senin (24/5) pagi.

Hadir secara virtual di Command Center Bupati Banjar Saidi Mansyur, Sekda M. Hilman, Ketua DPRD Banjar M. Rofiqi, Kapolres Banjar Andri Koko Prabowo, Dandim 1006 Martapura Imam Muchtarom, Kajari Kabupaten Banjar, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Masruri, Kepala Dinas PMD Banjar Sahrialludin, Plt Kasatpol PP M. Aidil Basith dan Kepala Dishub Aspihani.

Bupati Saidi Mansyur mengatakan bahwa Kabupaten Banjar yang terdiri dari 20 Kecamatan, 19 kecamatan diantaranya mengikuti Pilkades dengan jumlah 140 desa.

Sementara jumlah total calon kepala desa yang berpartisipasi pada kegiatan ini sebanyak 528 calon, dengan jumlah TPS yang disiapkan oleh panitia 390 TPS.

”Dari apa yang disampaikan tadi , bahwa pilakdes ini di maksimalkan, TPS maksimal 500 orang pemilih saja," ungkap Saidi.

Saidi juga mengatakan bahwa nantinya akan di siapkan bilik khusus untuk pemilih yang memiliki suhu tubuh lebih dari 37 derajat celcius.

Untuk sistem pengamanan, Kapolres Banjar Andri Koko Prabowo mengatakan bahwa pihaknya bersama Forkopimda Banjar sudah mempersiapkan pengamanan dari sebelum dan sesudah pelaksanaan Pilkades ini.

Sementara, Dandim 1006 Martapura Imam Muchtarom menambahkan, bahwa pihaknya bersama Kapolres Banjar telah memberikan arahan kepada para calon kepala desa agar dalam pelaksanaan pilkades ini bisa dalam suasana yang damai dan kondusif.