Bupati Banjar Tinjau Pilkades di Kecamatan Astambul

Martapura - Bupati Banjar Saidi Mansyur beserta unsur forkopimda dan jajaran kepala SKPD, meninjau dan melihat langsung pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pikades) serentak di Desa Pingaran dan Desa Sungai Alat Kecamatan Astambul, Senin (24/5).

Saat berada di tempat pemungutan suara (TPS) Desa Sungai Alat Kecamatan Astambul, Saidi Mansyur menjelaskan peninjauan ini dilakukan untuk memastikan bahwa standar prokes COVID -19 telah diterapkan sesuai prosedur di semua tempat pelaksanaan Pilkades.

"Alhamdulillah setelah melihat sendiri, kami pastikan pelaksanaan sudah sesuai dengan yang diharapkan dan mendapatkan dukungan dari masyarakat Kabupaten Banjar," kata Saidi Mansyur seraya menambahkan bahwa masyarakat juga aktif dan datang memberikan suara untuk pimpinan di desa masing-masing.

Saidi melanjutkan, dalam Pilkades ini, Dinas PMD Banjar juga sudah sangat berperan dengan baik dalam menyukseskan Pilkades serentak.

"Melalui Pilkades serentak nantinya melahirkan pemimpin di desa yang amanah, mampu bekerja dengan baik serta mengedepankan nilai kejujuran dalam setiap pelaksanaan tugasnya dan mampu menampung dan menjembatani aspirasi warga desa,” pesannya.

Sementara itu, Kepala Dinas PMD Kabupaten Banjar Syahrialludin mengatakan, dari pantauan sebelumnya, logistik dan kesiapan 140 desa yang melaksanakan Pilkades ini sudah terkondisi dengan baik, begitu pula dengan penerapan standar prokes COVID -19 untuk menekan penyebaran COVID-19.

"Jumlah calon Kepala Desa yang berpartisipasi pada kegiatan ini sebanyak 528 calon, sedangkan TPS yang sudah di siapkan oleh panitia seluruh desa sebanyak 390 TPS," terangnya.

Dalam pelaksanaan Pilkades serentak ini juga disiapkan bilik khusus untuk pemilih yang memiliki suhu tubuh lebih dari 37 derajat celcius.

Selain itu, pelaksanaan juga harus mengikuti aturan standar prokes COVID -19 yang sudah ditentukan, diantaranya mencuci tangan dengan sabun sebelum memasuki tempat pencoblosan, memakai masker, dan menjaga jarak atau menghindari terjadinya kerumunan.