Bupati Banjar Hadiri Launching "Pelajar Manis"

Martapura - Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar me-launching "Pelajar Manis" sebuah pembelajaran atau program e-learning jarak jauh berbasis video.

Launching ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati Banjar Saidi Mansyur yang juga disaksikan Plt Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar Liana Penny dan jajaran Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Kabupaten Banjar, di SMPN 2 Kertak Hanyar, Selasa (25/5).

Bupati Banjar Saidi Mansyur mengatakan, Launching Pelajar Manis akan mengoptimalkan sekolah yang belum melaksanakan pembelajaran tatap muka dan juga yang akan melaksanakan pembelajaran tatap muka terbatas.

“Kabupaten Banjar mempunyai sekolah begitu banyak, jadi kita akan melakukan tatap muka secara bertahap dan pada hari ini sekaligus ini Launching Pelajar Manis yaitu program e-learning jarak jauh,”

Menurut Saidi, launching Pelajar Manis merupakan komitmen pemerintah daerah dengan seluruh para pendidik dan tenaga pendidik. Sementara untuk persentase sekolah tatap muka terbatas sekitar 50% yang bisa dilakukan oleh pemerintah daerah.

“Akan tetapi secara bertahap nanti sekolah-sekolah yang belum tatap muka terbatas ini terus kita optimalkan,” ujarnya.

Sementara itu, Plt Kadisdik Kabupaten Banjar Liana Penny mengungkapkan, persyaratan untuk pembelajaran tatap muka yaitu pendidik dan tenaga kependidikan harus divaksinasi, serta pengisian ceklist dari Kemendikbud oleh pihak sekolah.

”Kita akan segera luncurkan pembelajaran tatap muka tahap II, yang pertama baru sekitar 10%, selanjutnya sekitar 50-60% sekolah yang akan tatap muka," jelasnya.

Liana Penny juga mengucapkan terima kasihnya kepada Dinas Komunikasi Informasi Statistik dan Persandian (DKISP) Banjar yang selama ini mendukung Program Pelajar Manis tersebut.

Di kesempatan yang sama juga dilakukan penyerahan wakaf Al-Qur’an dan buku-buku islami dari Rumah Berbagi Kebaikan Yuri’s Foundation kepada Bupati Banjar, penyerahan bantuan Baznas Banjar kepada Dispora berupa 50 Al-Qur’an terjemah diserahkan kepada Tuan Rumah MKKS dan disalurkan kepada duafa SMP, serta penyerahan penghargaan kepada tiga guru dengan video pembelajaran yang mendapat viewers terbanyak di channel Youtube Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar.