Plh Bupati OKU Silaturahmi dengan Petani Jagung

Baturaja - Bupati Ogan Komering Ulu (OKU) Edward Candra melakukan silaturahmi bersama petani jagung serta meninjau pengolahan pengeringan jagung dan melakukan panen di Desa Bandar Jaya, Kecamatan Lengkiti, Selasa (25/5).

Dalam acara silaturahmi di rumah Ketua Kelompok Tani, Zamroni mewakili Poktan menyampaikan terima kasih atas bantuan yang diberikan Pemerintah Kabupaten OKU kepada petani-petani di Lengkiti.

"Kami juga mengharapkan bantuan Pemerintah Kabupaten OKU terkait kenaikan sewa tanam OMIBA yang menjadi masalah untuk petani di Lengkiti sekarang ini," ujarnya.

"Semoga Pemerintah Kabupaten OKU bisa membicarakan kepada pengurus OMIBA tentang kenaikan harga sewa tanam agar tidak menjadi beban bagi petani," sambungnya.

Ia mengakui juga sudah mendapatkan bantuan mesin pengering jagung.

"Sementara untuk pakan ternak kami membutuhkan satu alat pemecah jagung untuk pengembangan dari mesin pengering tersebut," ujarnya.

Sementara itu, Kades Way Heling menyampaikan, bantuan bibit jagung dari pemerintah sangat membantu petani di Kecamatan Lengkiti, namun dirinya berharap bantuannya bisa disesuaikan dengan jadwal panen dan penanaman bibit agar lebih efektif.

"Petani juga mempunyai bibit unggulan, kami minta kepada pemerintah daerah khususnya Dinas Pertanian kiranya bisa memberikan petani bibit yang diinginkan dan sesuai agar hasil panen lebih baik dan efektif," harapnya.

Kadis Pertanian OKU menjelaskan, untuk masalah pupuk diketahui per 2021 ini memang mengalami kenaikan harga karena salah satu kebijakan pemerintah pusat untuk menutupi subsidi, dan diperbesar dengan cara menaikan harga HET-nya.

"Perubahan inilah yang menggambar mekanisme pemberian pupuk kepada petani," ujarnya.

Sementara itu, Plh Bupati OKU Edward Candra, menyampaikan terkait masalah harga sewa OMIBA, pemda akan membantu berbicara kepada pengurus tanah  agar tidak memberikan harga yang bisa membuat beban petani.

"Untuk masalah bibit juga Pemerintah Kabupaten OKU akan mengusulkan agar semuanya gratis dan kualitas bibitnya yang terbaik agar petani bisa meningkatkan hasil panen yang memuaskan. Kedepannya Pemerintah Kabupaten OKU mendorong agar dapat menjadi sentra pertanian jagung dan menjadi salah satu lumbung jagung di Provinsi Sumatera Selatan," ujarnya.