Pemkab Tanah Datar Harap KAI Aktifkan Kembali Jalur KA

Jakarta - Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian mengikuti pertemuan dengan Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI) Didiek Hartantyo, di kantor JRC PT KAI, Jakarta, Senin (24/5).

Dalam kesempatan itu, Wabup Richi menyampaikan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di Tanah Datar, pihaknya berharap agar PT KAI kembali mengaktifkan kereta api untuk pariwisata, orang dan barang.

“Kami mendorong agar kereta api diaktifkan kembali di Sumatera Barat termasuk di Kabupaten Tanah Datar yang juga memiliki jalur kereta api serta pemanfaatan aset-aset PT. KAI yang terbengkalai di Tanah Datar. Ini bertujuan untuk peningkatan ekonomi daerah dan masyarakat,” ujarnya.

Pertemuan yang difasiltasi Anggota DPR RI Andre Rosiade ini membahas sejumlah isu, salah satunya kolaborasi percepatan pembangunan di Sumatera Barat khususnya bidang perkeretaapian.

Selain Wabup Tanah Datar, kepala daerah yang lain ikut acara tersebut di antaranya Wali Kota Bukittinggi, Wali Kota Padang Panjang, Wali Kota Sawahlunto, Wakil Wali Kota Solok dan Bupati Sijunjung.

Sementara menurut Andre yang dikutip dari akun Instagram-nya, perlu didorong pemanfaatan aset PT KAI, potensi pengembangan kereta api pariwisata di Sumatera Barat dan pengembangan potensi angkutan logistik.

“Kami ingin adanya percepatan pembangunan di Sumatera Barat. Kita bekerja sama memanfaatkan Aset PT KAI. Selain itu kita juga punya aset bersejarah yaitu Mak Itam bisa kita hidupkan sebagai kereta wisata yang menghubungkan Sijunjung “Sawahlunto“ Solok dan Padang Panjang. Juga pemanfaatan lahan PT KAI yang ada di Kota Solok, Bukittinggi dan Padang Panjang,” ujarnya.