Pemkab Muara Enim Siap Gelar PEDA KTNA XIV Sumsel

Muara Enim - Kabupaten Muara Enim siap menggelar Pekan Daerah Kontak Tani Nelayan Andalan (PEDA KTNA) XIV tingkat Provinsi Sumatera Selatan yang akan dilaksanakan di Semendo Raya, 26-30 Juli 2021.

Hal tersebut dikatakan Penjabat (Pj) Bupati Muara Enim Nasrun Umar saat pemaparan di depan Gubernur Sumsel  Herman Deru dan Plh Ketua KTNA Nasional M. Basyir DA yang juga sebagai Ketua KTNA ProvInsi Sumsel serta perwakilan seluruh KTNA se-Sumatera Selatan dalam Rembug Pemantapan PEDA KTNA XIV Tingkat Provinsi Sumsel Tahun 2021 di Rumah Ketua KTNA Sumsel, Banyuasin, Kamis (27/5).

Nasrun mengajak perangkat daerah teknis terkait di antaranya Dinas TPHP, Dinas PUPR, Dinas Kesehatan dan Dinas Kominfo Muara Enim mempersiapkan Pekan Daerah Kontak Tani Nelayan Andalan (PEDA KTNA) XIV, apalagi kegiatan ini akan digelar di tengah pandemi COVID-19.

"Sehingga nantinya gelaran ini dapat berjalan dengan sukses, meriah dan lancar yang pada dapat menghasilkan suatu produk ataupun inovasi yang dapat mendongkrak kesejahteraan para petani," ujar Nasrun Umar.

Sementara itu, Gubernur Sumsel Herman Deru menegaskan agar rembug hari ini adalah rembug terakhir, artinya sekarang waktunya untuk memberikan masukan dan bantuan kepada Kabupaten Muara Enim sehingga target kita melalui Gelaran PEDA KTNA XIV ini untuk menjadikan petani yang kreatif dan inovatif guna mewujudkan Sumsel sebagai lumbung pangan terbaik tingkat Nasional.

Selain itu, HD, sapaan akrabnya, juga merekomendasikan agar tanaman tradisional ataupun tanaman-tanaman langka asli Sumsel untuk dapat dijaga kelestariannya dan keberlangsungan hidupnya sehingga tidak akan punah.

"Sayang oi, pecak taneman rambe be la susah nak ditemui keberadaanyo, itukan aset tradisional, jadi payo lestarikela," pinta Deru kepada seluruh kepala daerah se-Sumsel.

Terakhir, HD meminta kepada Pj Bupati Muara Enim Nasrun Umar agar dalam penyelenggaran PEDA KTNA nanti dapat mengundang semua organisasi yang membidangi pertanian, baik itu swasta, pemerintah ataupun suatu organisasi termasuk undang juga provinsi-provinsi yang dalam kawasan Belajasumba (Bengkulu, Lampung, Jambi, Sumatera Selatan dan Bangka Belitung.

"Siapa tahu di dalam pertemuan itu nanti akan timbul Pasar Baru, Pasar bagi Provinsi yang lain atau pasar yang dapat menjawab harapan dan do'a dari para petani kita," kata HD.

Sementara itu, Ketua KTNA Provinsi Sumsel M. Basyir DA menyambut baik rembug yang dikemas dalam silaturahmi ini.

Dirinya meyakini Kabupaten Muara Enim dapat sukses dalam pergelaran yang sangat bermanfaat bagi perkembangan dan kemajuan di bidang pertanian, terutama di Sumsel dan Kabupaten Muara Enim tentunya.