Bupati Pringsewu Ikuti Rakornas Pengawasan Intern Pemerintah 2021

Pringsewu – Bupati Pringsewu Sujadi mengikuti Rapat Koordinasi Nasional Pengawasan Intern Pemerintah Tahun 2021 didampingi oleh Inspektur Andi Purwanto, dan Kabid Informasi Komunikasi Publik dan Statistik Sektoral Dinas Kominfo Rustadi Wijaya, di Ruang Rapat Bupati secara virtual, Kamis (27/5).

Rakornas Wasin diselenggarakan oleh BPKP melalui zoom meeting ini dihadiri dan dibuka langsung oleh Presiden RI Joko Widodo dan dihadiri pula oleh ketua BPK RI, Menteri Kabinet Indonesia Maju, Kepala BPKP, TNI, Polri, serta gubernur, bupati dan wali kota se-Indonesia.

Rakornas pengawasan intern menjadi wadah untuk menyelaraskan arah kebijakan pengawasan intern seluruh APIP Kementerian dan Lembaga, serta APIP Provinsi, Kabupaten dan Kota dalam mengawal efektifitas belanja dan pemulihan ekonomi.

Pengawasan intern harus hadir sebagai solusi untuk mendorong terciptanya pengawasan intern yang efektif dalam mengawal percepatan pemulihan ekonomi nasional. BPKP berupaya mengoordinasikan pelaksanaan pengawasan intern pemerintah pusat maupun daerah agar terintegrasi dan bergerak konvergen ke tujuan yang sama.

Presiden Jokowi, saat membuka Rakornas Pengawasan Intern Tahun 2021 menegaskan bahwa masyarakat harus segera merasakan manfaat dari setiap rupiah yang dibelanjakan pemerintah. Ia juga menekankan beberapa hal yang harus menjadi perhatian BPKP.