Dinsos Sumbawa Barat Wisuda Tiga Warga Merdeka dari Kemiskinan

Sumbawa Barat - Dinas Sosial Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat, mewisuda atau melepas tiga warga miskin keluarga penerima manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) yang masuk dalam Graduasi Mandiri atau telah mengakui dirinya mampu dan tidak lagi menerima dana bantuan yang diberikan oleh pemerintah.

Ketiga warga yang menyatakan dirinya telah mampu dan masuk dalam Graduasi Mandiri adalah Nuna ningsih, warga Kelurahan Menala, usaha kios graduasi mandiri tahun 2020, Cahyaningsih, warga Desa Labu Kertasari, usaha budidaya rumput laut masuk dalam graduasi mandiri tahun 2020 dan Neneng Sri Ningsih, warga Kelurahan Menala usaha pasir graduasi mandiri tahun 2019.

"Graduasi Mandiri adalah keluarnya anggota KPM pada program PKH karena sudah menyatakan dirinya mampu dan tidak lagi menerima dana bantuan yang besarnya tergantung dari banyaknya komponen dalam keluarga tersebut," kata Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sumbawa Barat Syaifuddin di Taliwang, Senin (9/3).

Syaifuddin menambahkan, paling banyak jika empat komponen dalam keluarga ada maka total yang diterima satu kepala keluarga adalah Rp9 juta/tahun per KPM

"Alhamdulillah tiga orang itu telah kami wisuda dan telah menyatakan dirinya mampu, ini salah satu apresiasi pemerintah untuk warga yang mampu melepaskan diri dari kemiskinan," katanya.

Syaifuddin mengungkapkan, warga yang telah menyatakan dirinya mampu dan keluar dari kemiskinan pada tahun 2019 telah mencapai 83 orang, jika ditotalkan sejak tahun 2013-2014 hingga saat ini sebanyak 1040 KPM dari total lima ribu KPM.

"Alhamdulillah dari bantuan pemerintah selama ini masyarakat dapat meningkatkan taraf hidupnya dan mampu bangkit dan berusaha keluar dari jalur kemiskinan," katanya.

Selain Graduasi Mandiri, terdapat pula graduasi alami yaitu keluarganya PKM dari program PKH dengan sendirinya karena sudah tidak ada lagi komponen di dalam keluarga tersebut, komponen itu seperti komponen pendidikan atau anak sekolah, ibu hamil, penyandang disabilitas, lanjut usia 70 tahun ke atas.

"Yang telah keluar dari program PKH melalui graduasi alami ini di KSB totalnya 126 KPM pada tahun 2019," katanya.