Wabup Sigi Hadiri Central Sulawesi Investment Webinar Forum 2021

Jakarta - Wakil Bupati Sigi Samuel Yansen Pongi menghadiri Central Sulawesi Investment Webinar Forum 2021, dalam rangka Perayaan Hari Ulang Tahun ke 57 Provinsi Sulawesi Tengah 2021 yang dilaksanakan Dinas Penanaman Modal dan PTSP Provinsi Sulawesi Tengah bekerjasama Kementerian Investasi/BKPM RI di Ayana Midplaza Jakarta, Kamis (27/5).

Saat membuka acara secara virtual, Menteri Investasi/Kepala BKPM RI Bahlil Lahadalia menyampaikan pasca pandemi COVID-19 pertumbuhan ekonomi global belum terlalu menggembirakan.

"Indonesia perlahan mulai berangsur baik, hal ini ditandai dengan realisasi investasi, yang mana Sulawesi Tengah ikut memberikan sumbangsih," ucapnya.

Menurutnya, pada tahun 2020 Sulteng diberikan target sebesar Rp25 triliun, namun mampu memberikan realisasi sebesar Rp30 triliun.

Ia pun mengajak para Bupati/Walikota se-Sulteng yang hadir untuk memberikan kemudahan di daerah bagi para pengusaha agar iklim investasi semakin bergairah.

Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola mengatakan, tiga tahun lalu saya sudah melaunching Perwakilan Bank Sulteng di Jakarta, untuk itu saya berharap kepada para investor yang berinvestasi di Provinsi Sulawesi Tengah agar memanfaatkan pelayanan Bank Sulteng yang ada di Jakarta sebagai sarana transaksi berinvestasi di Sulawesi Tengah.

Di kesempatan itu pula, gubernur menyampaikan potensi investasi yang ada di kab/kota se-Sulteng agar menarik minat para calon investor.

Di akhir sambutannya, ia mengundang Gubernur Terpilih Sulawesi Tengah Rusdy Mastura untuk menyampaikan gagasan dan harapan yang akan dijalankan tentang pembangunan dan investasi di Sulteng.

"Ke depan kami bersama pemerintah kab/kota untuk berupaya mendorong mewujudkan iklim investasi yang kondusif serta mendorong peningkatan daya saing perekonomian daerah untuk meningkatkan kapasitas serta kualitas infrastruktur pendukung yang memadai, regulasi yang tidak berbelit-belit serta adanya kepastian hukum bagi para investor," jelas Gubernur Terpilih Sulawesi Tengah Rusdy Mastura.

Kadis Penanaman Modal dan PTSP Provinsi Sulawesi Tengah Christina Shandra Tobondo menyampaikan kegiatan yang dilaksanakan secara virtual hybrid bertemakan 57 Tahun Sulawesi Tengah Membangun, dengan kawasan industri untuk peningkatan Kesejahteraan Masyarakat.

Wakil Bupati Samuel menyatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat karena segala potensi investasi unggulan yang ada di setiap kabupaten dan kota Provinsi Sulawesi Tengah, sehingga investor yang berminat dapat berinvestasi dengan lebih spesifik.

"Pemkab Sigi sangat terbuka menyambut investor, lebih khusus lagi yang sejalan dengan visi pemerintah daerah yaitu mewujudkan Kabupaten Sigi yang berdaya saing," ujarnya.