Plh Bupati Rohul Ikuti Rakornas PIP 2021

Rohul – Plh Bupati Rokan Hulu (Rohul) Abdul Haris mengikuti Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengawasan Intern Pemerintah (PIP) Tahun 2021 bersama Presiden Joko Widodo secara Virtual, Kamis (27/5).

Di tingkat Pemkab Rohul, Rakornas PIP 2021 digelar di Ruang Rapat Inspektorat Rohul, turut dihadiri Inspektur Inspektorat Rohul Helfiskar, Sekretaris Inspektorat Daerah Rohul Alreza Ahyu dan para Auditor Intern Pemerintah.

Plh Bupati Rohul Abdul Haris saat dikonfirmasi Media Center Diskominfo Rohul, Kamis (27/5), mengatakan pada Rakornas PIP ini Presiden Jokowi menekankan pentingnya peranan BPKP dan Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) didaerah untuk melakukan pengawasan penggunaan anggaran untuk setiap kegiatan.

“Pada hari ini kita menerima arahan dari bapak Presiden dalam kegiatan Rakornas PIP 2021, dimana bapak Presiden menekankan bagaimana peranan BPKP dan APIP didaerah untuk melakukan pengawalan terhadap penggunaan anggaran baik untuk pandemi COVID-19 maupun pemulihan ekonomi nasional,” terangnya.

Lanjut Haris, bagaimana fungsi pengawasan bisa menjamin ketepatan sasaran, Perencanaan dan Pelaksanaan kegiatan. Namun yang tak kalah pentingnya adalah capaian tujuan terhadap pelaksanaan kegiatan yang dilakukan bisa dinikmmati oleh masyarakat.

“Jadi bapak preseiden menekankan bahwa yang dinikmati oleh masyarakat adalah hasil kerjanya, ini yang menjadi penekanan bapak presiden dan mengharapkan seluruh APIP didaerah selalu meningkatkan pelaksanaan tugasnya,” ujarnya.

“Terutama memastikan meningkatnya kualitas perencanaan, jadi penekanan perencanaan harus betul-betul perencanaan yang dibutuhkan oleh masyarakat dan juga perencanaan yang tidak sifatnya rutinitas tahun ke tahun, hanya monoton dari satu bidang tetapi menyesuaikan dengan kebutuhan yang berkembang di masyarakat,” ujarnya.

Selain dari kualitas perencanaan yang semakin meningkat, dikatakan Plh Bupati, Presiden Jokowi juga menekankan perlunya juga ketepatan data sehingga apapun nanti yang menjadi program pemerintah baik di pusat maupun di daerah berdasarkan data yang baik memang betul-betul valid sehingga nanti sasaran yang diharapkan bisa dicapai.

Komentar