Bupati Tanah Datar Tinjau Pengaspalan Jalan Tanjung Bonai

Batusangkar - Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE didampingi Ketua TP PKK Lise Eka Putra tinjau pembangunan jalan kabupaten ruas Koto Nyiur - Pamusian - Padang Linggo di Nagari Tanjung Bonai Kecamatan Lintau Buo Utara, Sabtu (29/5).

Di kesempatan itu bupati mengaku cukup puas melihat hasil pengerjaan jalan yang sudah dalam tahap pengaspalan.

"Ruas jalan ini dilaksanakan dengan anggaran sebesasr Rp1,5 Miliar DAK tahun 2021, Saya berharap kualitas jalan sesuai perencanaan sehingga bisa bertahan lama," pesan Bupati.

Secara terpisah Kabid Bina Marga Dinas Tanah Datar Refdizalis, ST, MT menyampaikan, ruas Koto Nyiur - Pamusian - Padang Linggo mempunyai total panjangnya sekitar 19,3 KM.

"Dari total Ruas Koto Nyiur - Pamusian - Padang Linggo sepanjang 9 KM berupa jalan tanah /kerikil dan perlu dilakukan peningkatan, namun untuk tahun ini melalui DAK baru sepanjang 1,5 km yang bisa diaspal," ujarnya.

Untuk pengaspalan jalan yang ditinjau Bupati, tambah Refdizalis, pengerjaan baru dilaksanakan dan sudah selesai sepanjang 300 meter diaspal.

"Isya Allah jalan yang ditinjau pak Bupati, pengaspalan sisanya akan diselesaikan dalam waktu 4 sampai 5 hari ke depan, kemudian dilakukan pengerjaan coran bahu jalan, pekerjaan saluran air dan juga marka jalan. Semuanya diharapkan bisa selesai selambat-lambatnya september 2021," ujarnya.

Sementara itu hal yang sama disampaikan Kadis PU Nofi Hendri, pelaksanaan pekerjaan ini tertuang pada Program Penyelenggaraan Jalan dengan Kegiatan Penyelenggaraan Jalan Kabupaten/Kota melalui Paket Peningkatan Jalan (Paket DAK 2).

"Kedua ruas jalan ini mempunyai nilai kontrak Rp10.886.97.900, dan dikerjakan PT. Pratama Putra Sejahtera semenjak Maret 2021 kemarin sampai September 2021," terang Nofi.

Nofi Hendri menambahkan, ruas jalan ini salah satu program prioritas untuk dilaksanakan, karena dinilai sangat strategis dan penting bagi kelancaran masyarakat untuk akses ke pusat pemerintahan.