Bupati Natuna Harap ASN Jadi Teladan Vaksinasi

Natuna - Pelaksanaan program vaksinasi COVID-19 perlu teladan dari pemimpin, agar masyarakat mau dan tidak ragu untuk divaksin.

Hal ini dikatakan Bupati Natuna Wan Siswandi pada Apel Sosialisasi Pelaksanaan Vaksinasi COVID-19 di lingkungan Pemerintah Kabupaten Natuna, di halaman Gedung Daerah Kabupaten Natuna, Senin (31/5).

Bupati Siswandi mengatakan bahwa strategi komunikasi kampanye vaksinasi tidak cukup kuat jika hanya diimbau atau dijelaskan melainkan akan lebih efektif jika diberi teladan atau contoh secara langsung oleh pemimpin, tokoh, atau orang yang dianggap panutan.

Diketahui bahwa, Bupati dan Wakil Bupati Natuna sudah melaksanakan vaksinasi sesampainya di Natuna pada (24/05) lalu. Hal itu menunjukkan bahwa dirinya sebagai pemimpin daerah telah menjalankan program dari pemerintah sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran COVID-19, khususnya di Natuna.

 

“Karena pimpinan itu adalah contoh, oleh sebab itu kami memberi contoh kepada asisten, staf ahli, kepala dinas, kepala badan. Saya harap kepala dinasnya divaksin nanti, karena ini adalah program dari pemerintah kita harus melakukan itu,” ujar Bupati Siswandi.

“Tidak ada alasan untuk pegawai untuk tidak divaksin,” tegasnya.

Di tempat yang sama, Wakil Bupati Rodhial Huda meminta dukungan dari seluruh OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Natuna untuk memberikan dukungan bagi bupati dan wabup dalam mengemban amanah sebagai pimpinan daerah, terlebih saat pandemi seperti ini.

“Kami dilantik menjadi bupati dan wakil bupati saat situasi prihatin. Pandemi, situasi kesehatan, pendidikan dan ekonomi menurun, artinya kami harus berlari cepat dijalan yang berliku dan penuh krikil,” tutur Rodhial Huda.

“Maka dari itu kami membutuhkan support atau dukungan dari seluruh pegawai bahwa kita ini tugas utamanya adalah melayani masyarakat,” lanjut Rodhial.

Rodhial juga mengingatkan bahwa dirinya dan Bupati tidak ingin dilayani secara berlebihan, karena hal tersebut dapat membuatnya menjadi lupa akan perannya yakni sebagai pelayan masyarakat.

 

“Kami ingin jangan terlalu kami dilayani di luar porsi supaya kami tak lupa bahwa kami pelayan. Karena kalau kami datang mau diurus dari atas sampai bawah, sampai kaki pun tak jejak ditanah. Nanti kami lupa dan menikmati dilayani seperti itu,” kata Rodhial.

Ia juga menegaskan dan berharap agar seluruh pegawai di lingkungan Pemkab Natuna besinergi dalam memajukan Natuna. Usai Pilkada, wabup menegaskan bahwa tak ada lagi 01 atau pun 02 melainkan semuanya sama satu pikiran satu tujuan.

Usai apel, acara dilanjutkan dengan vaksinasi pada beberapa instansi atau OPD di lingkungan Pemkab Natuna, di antaranya Satpol PP dan BP3D.