Realisasi Retribusi Menara Telekomunikasi di Palembang Lampaui 100 Persen

Palembang - Meski di masa pandemi COVID-19, capaian Pendapatan Asli Daerah (PAD) retribusi tower menara telekomunikasi di Kota Palembang melampaui target 100 persen.

Hal ini diungkapkan Plt Sekretaris Dinas Komunikasi dan Sistem Informatika (Diskominfo) Kota Palembang,m Adi Zahri Rabu (28/7).

"Alhamdulillah sudah 100 persen bahkan lebih, dimana target kami tahun ini retribusi tower ini Rp1, 65 miliar," terangnya.

Adi menjelaskan, capaian baik yang dicatatkan retribusi tower menara ini karena pemilik/pengelola tower melakulan pembayaran diawal.

"Mereka banyak yang bayar diawal sejak pandemi. Ini juga karena memang dari kita (Diskominfo Palembang) menemui/jemput bola ke pemilik/pengelola agar retribusinya dibayar lebih awal," jelasnya.

Sementara itu, Kasi Tower Diskominfo Kota Palembang, Atikawati mengatakan, tahun ini jumlah tower menara yang ada dikota Palembang ini sudah 924, angka ini naik dari data tahun sebelumnya di 2020 yang berjumlah 879.

"Penambahan jumlah tower menara di Kota Palembang ini memang ada yang bangun bari, dan ada juga yang melakukan perpanjangan," kata dia.

Selain itu pada tahun lalu, Diskominfo dan juga OPD terkait lainnya melakukan koordinasi untuk sinkronisasi data tower yang ada di Kota Palembang.

"Adapun untuk penggenaan retribusi tower menara ini menggunakan tarif tunggal sebesar Rp1.997.500," ujarnya.