Aceh Barat Raih Penghargaan Kabupaten Layak Anak 2021

Meulaboh - Pemerintah Kabupaten Aceh Barat menerima penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) 2021 kategori Kelengkapan dengan pembinaan forum anak terbaik.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Gubernur Aceh Nova Iriansyah kepada Bupati Aceh Barat Ramli MS pada puncak penyelenggaraan Hari Anak Nasional 2021 di Banda Aceh, Kamis (29/7).

Penghargaan yang diterima Pemkab Aceh Barat kali ini merupakan predikat Kabupaten Layak Anak Kategori Kelengkapan. Disamping itu masih banyak lagi kategori lainya yang memperoleh penghargaan, antara lain inisiator menuju desa layak anak, diperoleh oleh Desa Pasi Pinang Meureubo, inisiator sekolah ramah anak menobatkan SDN 1 Percontohan Aceh Barat di posisi pertama, kemudian inisiator puskesmas dengan pelayanan ramah anak (PPRA) didapatkan oleh Puskesmas Meureubo, inisiator maesjid ramah anak menempatkan Masjid Baitul Makmur Meulaboh pada peringkat pertama dan inisiator pesantren ramah anak didapatkan oleh Pesantren Zainatul Ulum Gampong Ujong Tanjong juga pada peringkat pertama.

"Ini adalah rahmat Allah SWT yang patut kita syukuri bersama," ucap Bupati Aceh Barat Ramli MS usai menerima penghargaan KLA tersebut.

Dirinya juga mengucapkan terima kasih atas kerja kerasnya semua pihak sehingga Aceh Barat mendapatkan penghargaan ini.

Bupati Aceh Barat memberi perhatian khusus terhadap kegiatan KLA ini. Ia mengatakan bahwa anak adalah generasi penerus bangsa yang harus dipersiapkan menuju era yang semakin maju, dan mereka nantinya yang akan mengurus bangsa ini.

Sementara itu di kesempatan yang sama, Plt Asisten Bidang Pemerintahan dan Keistimewaan Aceh Setdakab Aceh Barat Mawardi juga menerima anugerah penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) kategori Pratama yang diberikan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) secara virtual.

Penghargaan ini diberikan dalam rangka evaluasi pembangunan Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) dalam upaya pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak melalui apresiasi kabupaten/kota layak anak.

Acara puncak peringatan yang mengusung tema "Anak Terlindungi Aceh Maju" ini dirangkaikan bersama Launching Gerakan Massal Perlindungan Anak (GEMPA) sebagai upaya bersama meningkatkan komitmen dalam pemenuhan hak dan perlindungan khusus pada anak.

Selain dihadiri langsung, acara peringatan ini turut diikuti oleh sekretaris daerah Aceh Barat, unsur Forkopimda dan Forum Anak, serta jajaran pemerintah kabupaten/kota lainnya di Aceh secara virtual.